Find Us On Social Media :

Pantes Australia Bikin Panik Seantero Dunia, Padahal Baru Rencana Bangun Kapal Selam Nuklir, Ternyata Cuma Ada 6 Negara di Dunia yang Punya Senjata Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 23 September 2021 | 13:00 WIB

Kapal selam nuklir HMS Talent milik Angkatan Laut Inggris

 

Intisari-online.com - Aliansi AUKUS antara Australia-Inggris-Amerika berhasil membuat seluruh dunia panik.

Bukan karena aliansi ini, tetapi rencana untuk membuat Australia memiliki kapal selam nuklir ini yang menjadi masalahnya.

Inggris, AS, dan Australia menyetujui kemitraan kapal selam militer baru selama akhir pekan, membatalkan kesepakatan bernilai miliaran dolar dengan Prancis.

Australia sekarang akan mengejar kapal selam bertenaga nuklir dan meninggalkan kapal selam diesel-listrik konvensional.

Baca Juga: Bawa-Bawa Nama Prancis, Korea Utara Mendadak Komentari Rencana AS Menciptakan Kapal Selam Nuklir Untuk Australia, Korut Akan Lakukan Tindakan Nekat Ini Jika Hal Itu Terjadi

Keputusan mendadak untuk membatalkan kesepakatan Prancis memicu ketegangan geopolitik dengan Prancis dan negara-negara Uni Eropa lainnya.

Kapal selam dapat berupa diesel-listrik atau bertenaga nuklir, dengan kedua jenis yang mampu menampung hulu ledak nuklir.

Kapal diesel-listrik menggunakan motor listrik yang diisi oleh mesin diesel untuk bergerak membutuhkan udara dan bahan bakar untuk beroperasi.

Menurut Daily Express, Kapal selam ini perlu muncul kembali lebih sering dan karena itu lebih mudah dideteksi.

Baca Juga: Bak Pilih Kasih, AS Tolak Mentah-mentah Saat India Minta Bantuan untuk Membangun Kapal Selam Nuklir Sejak Bertahun-tahun yang Lalu, Sebelum Perjanjian Aukus