Find Us On Social Media :

Sosok Presiden Timor Leste Ini pun Pernah Diasingkan ke Sana, Inilah Negara Afrika yang Punya Ikatan Sejarah dengan Bumi Lorosae, Timor Leste Tak Akan Merdeka Tanpanya?

By Khaerunisa, Selasa, 21 September 2021 | 14:20 WIB

Mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta.

Intisari-Online.com - Selain PBB, Australia mungkin merupakan salah satu negara yang tampil sebagai pahlawan bagi kemerdekaan Timor Leste. Ketika Timor Leste mengalami krisis setelah referendum diumumkan, Australia terlibat untuk mengamankan situasi wilayah ini.

Pasukan penjaga perdamaian yang diturunkan PBB, dikenal sebagai Interfet, saat itu didominasi oleh tentara Australia.

Namun, lebih jauh lagi sebelum kemerdekaan Timor Leste, rupanya ada satu negara Afrika yang dianggap punya kontribusi besar bagi perjuangan kemerdekaan Timor Leste.

Baca Juga: Tragedi Santa Cruz 1991 Jadi Titik Balik Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste, Ini Latar Belakang dan Dampaknya

Bahkan sebelum wilayah Timor Leste jatuh ke tangan Indonesia, negara ini telah punya ikatan sejarah dengan Bumi Lorosae.

Saat Timor Leste dijajah Portugis, negara Afrika ini menjadi tempat pengasingan pembuat onar Timor Leste, yang justru membuatnya memainkan peran penting dalam gerakan kemerdekaannya.

Mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta, pernah diasingkan ke sana di masa mudanya.

Hal itu lantaran pernyataannya yang membuat marah Portugis.