Find Us On Social Media :

Bikin Segerombolan Armada AS Terkejut, Kapal Selam China Berani-beraninya Muncul di Tengah-tengah Kelompok Kapal Induk AS hingga Bikin Amerika 'Insecure'

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 21 September 2021 | 09:08 WIB

Kapal selam China kelas Song

Intisari-Online.com - Kapal selam China kelas Song yang istimewa merupakan kapal selam pertama yang dikembangkan sepenuhnya oleh Republik Rakyat Cina.

Tak hanya itu, kapal selam ini juga satu-satunya kapal selam China yang pernah muncul di tengah-tengah gerombolan kapal induk Amerika.

Pada bulan November 2006, salah satu kapal selam listrik diesel kelas Song China muncul hanya lima mil jauhnya dari USS Kitty Hawk di lepas pantai Okinawa.

Pada saat itu, kelompok kapal induk AS berada dalam formasi pelindung, menggunakan pertahanan anti-kapal selam dan pesawat.

Baca Juga: Sudah Terdengar Sampai Telinga Presiden China, Begini Komentar Xi Jinping Setelah Mendengar Soal AUKUS yang Tak Terima Australia Diberi Kapal Selam Nuklir

Munculnya kapal selam China tidak diragukan lagi mengejutkan semua orang di armada.

Kejutannya bukan hanya karena kapal selam itu muncul begitu dekat dengan Kitty Hawk.

Tidak ada yang tahu persis berapa lama kapal selam itu berada di sana, berapa lama ia membuntuti armada, atau bahkan mengapa ia memutuskan untuk muncul di atas permukaan.

Apa yang diketahui Angkatan Laut AS yakni bahwa perllindungan mereka ternyata melemah setelah berakhirnya Perang Dingin.

Baca Juga: Walau Dibenci Setengah Mati, China Sebenarnya Pernah Nyaris Jadikan Militer Indonesia Hampir Ditakuti Dunia karena Senjata Ini, Amerika Saja Bisa Terancam Jika Terjadi