Find Us On Social Media :

Walau Dibenci Setengah Mati, China Sebenarnya Pernah Nyaris Jadikan Militer Indonesia Hampir Ditakuti Dunia karena Senjata Ini, Amerika Saja Bisa Terancam Jika Terjadi

By Khaerunisa, Minggu, 19 September 2021 | 18:15 WIB

ilustrasi. Militer Indonesia.

Intisari-Online.com - China kerap mendapat kecaman, dibenci setengah mati karena berbagai ulahnya, misalnya soal Laut China Selatan.

Bahkan, Indonesia termasuk salah satu negara yang harus menghadapi ulah China di kepulauan Natuna.

Wilayah tersebut konon katanya juga menjadi incaran Negeri Tirai Bambu tersebut.

Terlepas dari sepak terjangnya yang meresahkan dunia, ternyata di masa lalu China sempat nyaris bantu Indonesia menjadi salah satu militer terkuat yang ditakuti Amerika.

Baca Juga: China Sudah Habis Kesabaran, Aliansi Aukus Membuat China Murka, Negara Ini Diprediksi Jadi Sasaran Empuk China untuk Lampiaskan Kemarahan Meski Bukan Anggota Aukus

Bagaimana hal itu terjadi?

Mengutip dalam buku "30 Tahun Indonesia Merdeka (1977)", melalui Harian Surya, tepatnya pada 16 Januari 1965 Presiden Soekarno meresmikan Pusat Penelitian Nuklir dengan menggunakan reaktor IRI-2000 dari Uni Soviet.

Pusat Penelitian Nuklir itu awalnya memiliki tujuan untuk mengembangkan reaktor nuklir.

Namun, secara terselubung Presiden Soekarno mengarahkannya untuk dijadikan senjata perang, di mana Indonesia secara terbuka berniat membuat senjata nuklir.