Find Us On Social Media :

China Sudah Habis Kesabaran, Aliansi Aukus Membuat China Murka, Negara Ini Diprediksi Jadi Sasaran Empuk China untuk Lampiaskan Kemarahan Meski Bukan Anggota Aukus

By Tatik Ariyani, Minggu, 19 September 2021 | 16:57 WIB

Ilustrasi - Militer China melakukan pendaratan di Taiwan.

Intisari-Online.com - Kesepakatan Aukus antara Australia, AS dan Inggris menuai kritik yang keras dari China.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan bahwa negara-negara harus menyingkirkan mentalitas Perang Dingin dan prasangka ideologis mereka.

Juru Bicara Kedutaan Besar China di Washington Liu Pengyu mengatakan, negara-negara tidak boleh membangun blok eksklusif yang menargetkan atau merugikan kepentingan pihak ketiga.

“Secara khusus, mereka harus menyingkirkan mentalitas Perang Dingin dan prasangka ideologis mereka,” ujar Liu sebagaimana dilansir Reuters.

Baca Juga: Merasa Ditusuk Dari Belakang Pantesan Prancis Mencak-Mencak, Ternyata Jauh Sebelum Aukus, Prancis Dibikin Panas Oleh 'Sekutu' Juga Gara-Gara Senjata Nuklir

Di tengah pengumuman kesepakatan Aukus tersebut, China pun dikabarkan semakin agresif terhadap upaya menyatukan Taiwan ke wilayahnya.

Ketegangan antara China dan Taiwan yang didukung AS telah meningkat selama setahun terakhir, di tengah kekhawatiran invasi Beijing ke pulau itu.

China telah mengambil sikap yang semakin agresif terhadap Taipei, yang telah lama menerima dukungan militer dari AS.

Bahkan, China "mendekati" perang dengan AS atas Taiwan, menurut mantan wakil direktur MI6, melansir Express.co.uk, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: China Tambah Murka, AS Lakukan Hal Ini di Selat Taiwan Tak Lama Setelah Perjanjian Kapal Selam Nuklir AUKUS Diumumkan