Find Us On Social Media :

Berusia Antara 7.000 dan 8.000 Tahun Lalu, Relief Unta di Arab Saudi Ini Lebih Tua dari Stonehenge dan Piramida Giza.

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 18 September 2021 | 07:00 WIB

Relief Unta di Arab Saudi ini berusia antara 7.000 dan 8.000 tahun yang lalu.

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian menunjukkan bahwa relief unta ini berusia antara 7.000 dan 8.000 tahun yang lalu.

Ketika para peneliti Arab Saudi utara menemukan serangkaian patung unta seukuran aslinya pada tahun 2018, mereka memperkirakan karya seni itu berasal sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa kerangka waktu ternyata meleset sebanyak 6.000 tahun.

Temuan yang diterbitkan dalam Journal of Archaeological Science: Reports, menunjukkan bahwa apa yang disebut Situs Unta tersebut sebenarnya berasal dari antara 7.000 dan 8.000 tahun yang lalu.

Baca Juga: Petualangan Cinta Berakhir Bahagia Sang Buddha dan Seorang Putri Terekam di Candi Borobudur

Melansir Arab News, garis waktu ini memungkinkan patung-patung tersebut sebagai relief hewan tiga dimensi dalam skala besar tertua yang masih ada di dunia.

Sebaliknya, Piramida Giza Mesir berusia 4.500 tahun, sedangkan Stonehenge Inggris dibangun sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Para peneliti menentukan tanggal ukiran melalui analisis kimia dan pemeriksaan tanda alat yang ditemukan di situs tersebut.

 “Mereka benar-benar menakjubkan dan, mengingat kita melihat mereka sekarang dalam keadaan terkikis berat dengan banyak panel jatuh, situs aslinya pasti benar-benar menakjubkan,” penulis utama Maria Guagnin, seorang arkeolog di Institut Max Planck untuk Ilmu Sejarah Manusia.

Baca Juga: Mirip Emoji, Relief Berusia 3.800 Tahun di Peru Ini Miliki Makna yang Menyedihkan