Find Us On Social Media :

Kisah Seorang Pengusaha Kulit Hitam yang Ubah Industri Roti, Revolusi Pembuatan Roti untuk Dapur Hotel dengan Menggunakan Mesin dan Agar Tak Terbuang Percuma Ini yang Dilakukannya

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 17 September 2021 | 14:00 WIB

Joseph Lee dan mesin roti yang dibuatnya.

Intisari-Online.com – Jika Anda salah satu orang yang membuat roti sendiri selama pandemi Covid-19, maka Anda akan tahu mengapa pengusaha roti profesional mempercepat proses pembuatan roti yang memakan waktu dan padat karya dengan mesin.

Anda pasti mengetahui dengan pasti membuat roti secara manual membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa menjadikannya siap santap, mulai dari membuat adonan, hingga adonan itu mengembang dibutuhkan waktu yang cukup lumayan lama.

Salah seorang yang melakukannya adalah Joseph Lee, yang bekerja di dapur di perkebunan Carolina Selatan, tempat ia dilahirkan sebagai budak.

Lee mendapatkan pengalamannya ke utara setelah Perang Saudara, dengan bekerja sebagai juru masak dan pembuat roti di Newton, Massachusetts.

Baca Juga: Hari Ini 355 Tahun yang Lalu, Gara-gara Tindakan Ceroboh Pembuat Roti Ini Sebabkan Kebakaran Besar London, Ada Hikmah di Balik Kebakaran yang Sampai ‘Merebus’ Anak Sungai Ini

Sebelum akhirnya dia membuka restoran sendiri dan mengambil alih Woodland Park Hotel yang mewah, sebuah resor mewah yang menampung tidak kurang dari tiga presiden AS pernah dilihatnya.

Untuk memenuhi permintaan di restoran hotel yang ramai merupakan sebuah tantangan, apalagi untuk menu yang paling banyak ditemui di mana-mana.

Maka Lee menciptakan mesin pembuat rotinya sendiri yang mengaduk adonan lebih merata dengan kecepatan enam pekerja.

Baca Juga: Kisah James Hemings, Koki Kulit Hitam yang Jadi Budak Tapi Berhasil Lakukan Revolusi pada Masakan Amerika, Benarkah Akhir Hidupnya Karena Bunuh Diri?