Find Us On Social Media :

Kisah Wanita Kulit Hitam yang Miliki Peran Penting di Perang Dunia, Namun ‘Dihapus’ dari Sejarah, Sayangnya Mereka Harus Melakukan Ini Karena Putus Asa

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 17 Desember 2020 | 14:00 WIB

Perawat kulit hitam saat Perang Dunia I.

Intisari-Online.com – Meski memiliki banyak peran ketika Perang Dunia Pertama terjadi, namun wanita kulit hitam ini telah ‘dihapus’ dari sejarah Inggris.

Dengan beberapa pengecualian, seperti 'dokter' perang Krimea Mary Seacole, wanita kulit hitam telah 'dihapus' dari sejarah Inggris.

Hal ini berlaku untuk banyak buku yang diterbitkan tentang Inggris dan Perang Dunia Pertama, namun masih mungkin untuk mengungkap kisah hidup dari 'sejarah tersembunyi' ini.

Selama Perang Besar, wanita kulit hitam dan ras campuran merobohkan batasan pada saat kontak dengan mereka dalam masyarakat Inggris sangat minim.

Baca Juga: Anggap Diri di Atas Hukum, Inilah Yair Netanyahu, Putra PM Israel yang Hasut Pembunuhan Jaksa Agung dan Dipuja-puji Pembantai Kulit Hitam

Yang penting, para wanita ini menawarkan alternatif terhadap stereotip rasial pada waktu itu dalam literatur, film bisu, atau di atas panggung sebagai mamalia yang mengenakan bandana dan karikatur rasial lainnya.

Misalnya, di aula musik, kehalusan bintang glamor seperti Belle Davis dan Cassie Walmer, bertentangan dengan citra stereotip perempuan kulit hitam di Inggris.

Kita mungkin tidak pernah menemukan nama perawat yang difoto di rumah pemulihan seorang tentara di Surrey pada tahun 1915, tetapi kami tahu dia ada dalam profesi yang mengoperasikan 'bilah warna' hingga tahun 1930-an.

Kita mungkin tidak pernah menemukan identitas wajah bahagia dan tersenyum dari pekerja pabrik amunisi di Bradford pada tahun 1917, tetapi penampilannya menunjukkan bahwa beberapa wanita kulit hitam berhasil diintegrasikan ke dalam pekerjaan perang.

Baca Juga: Kembali Menggegerkan, Polisi AS Tembak 7 Kali Punggung Seorang Warga Kulit Hitam, Begini Kronologinya