Orang Timor Leste Mengumpulkan Tulang Sisa Jenazah Korban Konflik selama Pendudukan Indonesia Dalam Sarung untuk 'Penyembuhan'

Muflika Nur Fuaddah

Penulis

Mengumpulkan tulang keluarga

Intisari-Online.com - Penarikan militer Indonesia tahun 1999 dari Timor Timur mengantarkan pada proses rekonsiliasi yang diamanatkan oleh Timor dan PBB.

Pada 2005, Komisi Penerimaan, Kebenaran dan Rekonsiliasi melaporkan temuan dan rekomendasinya.

Namun karena berbagai alasan geopolitik, laporan tersebut diajukan tetapi tidak pernah diperdebatkan di parlemen nasional Timor-Leste.

Tentu saja, proses pengungkapan kebenaran, rekonsiliasi dan penyembuhan komunitas tidak berakhir ketika pendanaan PBB untuk komisi berakhir pada pertengahan 2000-an.

Baca Juga: Terlibat Kejahatan, Menlu Australia dan 'Tangan Kanan Soeharto' Pernah Bersulang Sampanye Merayakan Eskploitasi ke Tambang Minyak Timor Leste

Centro Nacional Chega Dili (Pusat Memori Nasional) didirikan pada tahun 2016 untuk terus mendokumentasikan suara-suara lokal, pengalaman dan praktik sehari-hari orang Timor selama pendudukan.

Ia memiliki mandat untuk melestarikan sejarah Timor-Leste 1974-1999, mempromosikan dan mendorong hak asasi manusia, solidaritas dan budaya perdamaian.

Di daerah pedesaan, ada pencarian orang hilang yang dilakukan.

Tak terhitung banyaknya orang Timor Leste yang belum ditemukan karena konflik dan pengungsian selama pendudukan Indonesia.

Baca Juga: Fakta Bendera Timor Leste, Desain Bendera yang saat Ini Digunakan Ternyata Bukan yang Pertama

Menurut kepercayaan adat masyarakat Timor, sementara tubuh anggota keluarga tetap tidak ditemukan, kesehatan dan kesejahteraan hidup juga tidak dapat dipastikan.

Melansir Aspistrategist.org.au, Kamis (9/9/2021), pada September 2018, Lisa Palmer, profesor di Universitas Melbourne, melakukan penelitian tentang praktik penyembuhan tradisional di antara beberapa kelompok etnolinguistik yang tinggal di kotamadya Baucau di timur laut.

Ditemani oleh suaminya yang orang Timor, Quintiliano, Lisa melakukan perjalanan jauh ke pedalaman Baucau untuk mewawancarai dukun atau tabib setempat.

Tabib, Senhor Domingos, menemui mereka di lokasi yang disepakati dan mengarahkan ke jalan setapak yang curam dan sempit menuju sebuah rumah dan halaman yang penuh dengan orang.

Baca Juga: Amerika Sampai Ancam Hentikan Sokongan Dana Ke Timor Leste, Rupanya Sejak Merdeka Nagar Itu Malah Jadi Surganya Perdagangan Manusia Gara-Gara Hal Ini

Terpal terbungkus dalam susunan tenda di depan tempat banyak orang berkumpul.

Lebih banyak orang duduk di dalam mengelilingi meja panjang yang dilapisi tais, kain tenun Timor.

Mereka diundang ke beranda dan banyak pria dengan cepat berkumpul untuk duduk bersama.

Semua kegiatan ini membuat Lisa berpikir bahwa seseorang pasti telah meninggal, dan dia sedang tiba di tahap awal upacara pemakaman.

Baca Juga: Makanan Khas Timor Leste yang Dipengaruhi Portugis dan Asia Tenggara Mampu Menggoyang Lidah

Namun alih-alih peti mati, seperti yang biasanya ada di upacara pemakaman, banyak bahan yang dibundel diletakkan dengan hati-hati di sepanjang meja.

Ada 23 sarung yang berisi sisa-sisa jenazah.

Masing-masing berisi tulang—atau batu, sebagai tulang simbolis—pria, wanita, dan anak-anak yang telah meninggal pada tahun-tahun awal invasi Indonesia.

Ketika pasukan Indonesia menguasai daerah itu, banyak yang melarikan diri melintasi lembah ke pegunungan Matebian yang relatif aman. Beberapa diburu dan dibunuh oleh militer Indonesia; lainnya mati kelaparan.

Tubuh mereka tidak pernah ditemukan dan dibaringkan. Sampai sekarang.

Setelah konsultasi baru-baru ini dengan roh alam, anggota keluarga almarhum telah mengorganisir pesta pemulihan tulang dan lebih dari dua bulan mengikuti jalan menuruni lembah dan masuk ke hutan kisaran Matebian.

Baca Juga: Bak Jadi Ladang Uang Indonesia Setelah Timor Leste Merdeka, Rupanya Tanah Air Justru Sudah Untung Rp3,1 Triliun dari Bumi Lorosae Gara-gara Ketergantungan Hal Ini

Jenazah yang mereka temukan telah disimpan sementara di klinik kesehatan di desa pegunungan Kelikai sebelum diangkut dari pegunungan ke pantai dan kembali ke Gunung Ariana.

Saat Lisa diundang untuk memberikan penghormatan, setiap sarung dibuka dengan hati-hati untuk mengungkapkan nama almarhum yang tertulis di secarik karton.

Dalam dua hari, seorang imam Katolik akan menghadiri rumah itu untuk membaptis setiap orang secara anumerta sesuai dengan harapan kontemporer.

Jenazah mereka masing-masing akan 'dipakaikan' dan ditempatkan di peti mati kecil yang sedang dibuat oleh para pemuda di bawah tenda.

Dua hari kemudian, komunitas akan berkumpul di kuburan yang menghadap Matebian untuk misa Katolik penuh.

Sebuah kuburan besar dengan 23 kompartemen terpisah telah disiapkan.

Mereka punya tekad untuk menghormati kerabat mereka dan dengan hormat membaringkan mereka untuk beristirahat sekaligus penyembuhan luka.

Monumen yang sedang dibangun di luar rumah memperingati dua pahlawan yang gugur, pejuang gerakan perlawanan FALINTIL yang tewas dalam pertempuran.

(*)

Artikel Terkait