Find Us On Social Media :

Natuna Kembali Terancam, Angkatan Laut Indonesia Tiba-tba Tingkatkan Jadwal Patroli, Rupanya Hampir Kecolongan 'Dipepet' Kapal-kapal Asing Ini, Dari Mana Saja?

By May N, Jumat, 17 September 2021 | 13:05 WIB

China Makin Nekat, Xi Jinping Perintahkan Ilmuwannya Lakukan Pengeboran di Laut Natuna Utara, Bagaimana Tindakan Indonesia?

Intisari-Online.com - Angkatan Laut Indonesia telah meningkatkan patroli di sekitar kepulauan Natuna di Laut China Selatan.

Rupanya ada kapal-kapal asing kedapatan mendekat ke perairan tersebut.

Mengutip Reuters, Indonesia rupanya hampir kecolongan disantroni kapal-kapal China dan Amerika Serikat (AS).

Walaupun dikatakan tidak ada gangguan dari kapal-kapal asing tersebut, patroli tetap digalakkan.

Baca Juga: Blingsatan Indonesia Punya Ladang Minyak yang Kaya Raya, China Tiba-tiba Datang dan Persulit Pengeboran Lepas Pantai Indonesia di Natuna, Ternyata Negara Ini yang Diincar China

Lima kapal Angkatan Laut ditemani dengan patroli udara telah dikirimkan ke Laut Natuna Utara untuk mengamankan wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh komandan armada barat Angkatan Laut Indonesia Arysad Abdullah.

"Posisi TNI Al di Laut Natuna Utara sangatlah tegas yaitu melindungi kepentingan nasional dalam yurisidiksi Indonesia bersamaan dengan undang-undang nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi sehingga tidak ada toleransi pelanggaran apapun di Laut Natuna Utara," ujar Arsyad dikutip dari Reuters.

Tahun 2017, Indonesia mengubah nama wilayah utara zona ekonomi eksklusifnya itu di Laut China Selatan sebagai Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Seharusnya Bisa Dipanen Tapi Makin Mundur Karena Pandemi Covid-19, Inilah Tiga Ladang Gas Raksasa RI yang Kini Nasibnya Makin Tidak Jelas, Termasuk Natuna