Find Us On Social Media :

Bocorkan Borok Pemerintah Sendiri, Rakyat Timor Leste Sebut Pemerintahnya Mengkhiantinya Sejak Mereka dari Indonesia, Negara Itu pun Berakhir Cuma Dikadali Australia

By Afif Khoirul M, Kamis, 2 September 2021 | 15:24 WIB

Pasukan Pertahanan Timor-Leste merayakan hari jadi mereka yang ke-16 pada 2017.

Intisari-online.com - Sejek merdeka dari Indonesia, Timor Leste tak serta merta menjadi negara kecil yang kaya raya meski diberkahi dengan kekayaan alam melimpah.

Namun, minyak yang dimiliki Timor Leste  disebut-sebut hampir habis karena ulah pemerintah sendiri yang kerap melakukan pemborosan.

Pemerintah Timor Leste menghamburkan tabungannya dalam skema infrastruktur besar menurut para kritikus, dan itu sangat boros.

Seorang wartawan New Zealand, yang berkerja untuk Asia New Zealand Foundation, Caitin McGee pernah melakukan penyelidikian ke Timor Leste tahun 2017.

Baca Juga: 20 ABK Indonesia yang Sebulan Terombang-ambing di Laut Timor Leste Kini Berhasil Dievakuasi, Begini Keadaannya Sekarang

Dia menggambarkan negara itu, memiliki pegunungan terjal yang melingkari garis pantai, dan keindahan alam terbaik di dunia.

Tetapi, orang-orangnya tinggal di daerah kumuh sekitar ibu kota dan ini membuatnya tampak tidak indah.

"Kami telah ditinggalkan oleh pemerintah, Bagi para veteran mereka adalah pahlawan di masa lalu, tetapi kini mereka mengkhianati kami," kata Fortunado D'Costa, pria dari Timor Leste.

"Kami mendukung perlawan, tetapi mereka yang mendukung pemerintah Indonesia, kini malah hidup dengan baik," katanya.

Baca Juga: Sesumbar Sebut Ingin Pisah Darah dari NKRI, Faktanya Timor Leste Sudah Merengek Minta Bantuan Militer Indonesia Hanya Sesaat Setelah Merdeka, Sampai Relakan Objek Vital Ini