Find Us On Social Media :

Sesumbar Sebut Ingin Pisah Darah dari NKRI, Faktanya Timor Leste Sudah Merengek Minta Bantuan Militer Indonesia Hanya Sesaat Setelah Merdeka, Sampai Relakan Objek Vital Ini

By Ade S, Rabu, 1 September 2021 | 13:38 WIB

Perayaan kemerdekaan Timor Leste.

Intisari-Online.com - Perjalanan Timor Leste sebagai sebuah negara memang penuh liku dan peralihan kekuasaan.

Setelah selama beberapa dekade berada di bawah penjajahan Portugis, mereka menyatakan diri merdeka pada 1975, seiring terjadinya Revolusi Bunga di negara penjajahnya tersebut.

Namun, kemerdekaan tersebut kemudian diiringi dengan perang saudara di mana FRETILIN disebut melakukan pembantaian terhadap lebih dari 60.000 warga Timor Leste yang ingin bergabung dengan Indonesia.

Militer Indonesia pun kemudian melakukan operasi militer yang disebut-sebut menewaskan lebih dari 200.000 jiwa rakyat Timor Leste.

Baca Juga: Sesumbar Bisa Kalahkan Tentara Indonesia, Sosok Ini Bongkar Senjata yang Digunakan Militer Timor Leste untuk Lawan Indonesia, Ternyata Rakitan dan Buatan Sendiri!

Meski pada akhirnya bergabung dengan Indonesia, dengan persetujuan Amerika Serikat dan Australia, kelompok pejuang kemerdekaan Timor Leste terus bergerilya.

Hingga akhirnya setelah 24 tahun menjadi provinsi paling muda alias ke-27 Indonesia, rakyat Timor Leste memutuskan untuk mengelola wilayah mereka secara mandiri melalui sebuah referendum yang digelar oleh PBB.

Ya, setelah 'pendudukan' Indonesia yang disebut-sebut memakan banyak korban jiwa, baik karena serangan militer maupun kelaparan dan penyakit, Bumi Lorosae lepas dari Indonesia pada 1999.

Tiga tahun kemudian, Timor Leste akhirnya mendapatkan pengakuan internasional sebagai sebuah negara merdeka.

Baca Juga: Kabar Bohong! Meski Miskin dan Ekonominya Makin Terpuruk, Ini Alasan Timor Leste Terang-terangan Tak Ingin Lagi Gabung dengan Indonesia, Meski Sempat Jadi Rumor!