Find Us On Social Media :

Hari Ini 167 Tahun yang Lalu, Kisah John Snow, Pendiri Epidemiologi Modern yang Digunakan Hingga Kini, Ungkap Misteri Wabah Kolera di London, Apa yang Jadi Penyebabnya?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 31 Agustus 2021 | 10:40 WIB

John Snow, bapak epidemiologi modern, ungkap penyebab misteri wabah kolera di London.

Intisari-Online.com – Ketika itu, tahun 1854, terjadi wabah kolera di Broad Stree, London.

Ketika kejadian wabah inilah menjadikan nama John Snow sebagai salah satu pendiri epidemiologi modern.

Sebelumnya, kolera dianggap disebabkan oleh partikel yang disebut ‘miasmata’, yang berasal dari materi yang membusuk dan sumber najis lainnya.

Namun, Snow, skeptis terhadap teori tersebut.

Baca Juga: Afrika Barat Dilanda Kemalangan Bertubi-tubi, Covid-19 Belum Tuntas, Wabah Baru Virus Marburg dan Ebola Muncul Menambah Derita

Dia mempercayai hal yang sebaliknya, yaitu pada teori kuman kolera, bahwa itu disebabkan oleh kuman tak dikenal, yang ditularkan melalui air minum.

Snow kemudian menyelidiki teori ini, mencari penyebab wabah dengan berfokus pada sumber air penduduk London yang tingkat kolera di daerah yang menggunakan sumber air tersebut.

Dia menemukan, bahwa air perusahaan-perusahaan di Surrey di London, adalah yang terburuk dari semua yang mengambil pasokan dari Sungai Thames.

Sementara perusahaan lain memiliki persediaan air yang lebih bersih.

Baca Juga: Pantas WHO Ketar-ketir, Wabah yang Jauh Lebih Berbahaya dari Covid-19 dan Bisa Membunuh Manusia 88 Persen Ini Disebut Makin Menjadi Ancaman Dunia, Karena Mulai Menyebar