Find Us On Social Media :

Pantas Sangat Bengis saat Menjajah Bangsa Lain, Ternyata Jepang Memang Tak Pernah Merasakan Pedihnya Jadi Negara Jajahan, Sosok Inilah yang Sukses Bikin 'Penangkal'

By May N, Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:03 WIB

Kaisar Meiji, sosok yang berhasil membangun Jepang sampai menangkal penjajah bahkan bisa menjajah negara lain

Intisari-online.com - Dalam kejadian apapun, upaya awal untuk membaratkan masyarakat China dari dalam tidak menghentikan penetrasi asing lebih lanjut, ataupun revolusi berikutnya (1911) juga tidak berhasil membebaskan China dari dominasi Barat.

Menuju akhir abad ke-19, di bawah dampak imperialisme baru, penyebaran tekanan asing semakin dipercepat.

Jerman memasuki taruhan mengerikan untuk pengaruh mereka; Jepang dan Rusia mendorong maju klaim wilayah mereka, dan tekanan iklan serta finansial AS ke Pasifik dengan kapal angkatan laut mematroli sungai China, tumbuh dengan cepat.

Namun di saat yang sama kepentingan asing yang terus naik ini juga menghambat partisipasi langsung dari China.

Baca Juga: Makna Tiap Warna dalam Bendera Timor Leste, Tak Lepas dari Sejarah Penjajahan di Bekas Wilayah Indonesia Ini

Langkah apapun dari salah satu kekuatan menuju partisi langsung atau pembagian pengaruh mereka akan bertemu dengan lawan kuat dari musuhnya.

Hal ini memunculkan Kebijakan Pintu Terbuka yang diusulkan oleh Amerika Serikat (AS) yang membatasi hak spesial dari satu kekuatan ke kekuatan yang lain.

Kemudian hal ini secara umum diterima setelah Pemberontakan Petinju anti-asing (1900) di China.

Dengan tentara asing telah dibawa untuk menekan pemberontakan kini berada di Utara China, bahaya mencapai keberadaan yang berlanjut dari pemerintah China dan bahaya perang di antara kekuatan imperialis atas bagian mereka di negara itu tampak lebih besar daripada sebelumnya.

Baca Juga: Ternyata Dulu Ribuan Serdadu Swiss Masuk KNIL Terutama Era 1850-1869, Pakar Sejarah Sebut Swiss Terlibat Penjajahan di Indonesia