Find Us On Social Media :

WFH Bikin Asyik di Depan Layar Komputer dan Duduk Terlalu Lama, Ini Bahayanya untuk Kesehatan, Apa yang Harus Dilakukan?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 20 Agustus 2021 | 08:10 WIB

Ilustrasi perempuan bekerja

Intisari-Online.com – Karena pandemi yang berkepanjangan, membuat kita pun melakukan semua pekerjaan kantor pun di rumah, agar lebih aman dari paparan virus Covid-19.

Namun, karena keasyikan di depan layar komputer membuat kita pun malas untuk bergerak, akibatnya kita duduk terlalu lama.

Ternyata duduk terlalu lama pun bisa menyebabkan kelelahan.

Bukan hanya itu, bahkan juga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Dari Posisi Tidur Hingga Cara Memasak, Inilah 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Datangkan Masalah Kesehatan, Waspadai!

Duduk terlalu lama tidak hanya dialami oleh para pekerja yang setiap hari berhadapan di depan layar komputer tetapi juga supir yang duduk berjam-jam di belakang kemudi.

Mereka adalah orang-orang yang rentan mengalami masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama.

Melansir Mayo Clinic, sebuah analisis dari 13 penelitian menemukan bahwa mereka yang duduk selama lebih dari 8 jam sehari tanpa aktivitas fisik memiliki risiko kematian yang serupa dengan risiko kematian akibat merokok dan obesitas.

Data yang dianalisis dari lebih satu juta orang ini menyebutkan bahwa aktivitas fisik selama 60-75 menit setiap hari mampu melawan efek samping akibat duduk terlalu lama.

Baca Juga: Ashraf Sinclair Meninggal setelah Lakukan Perjalanan Jauh, Ternyata Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Trombosis, Begini Cara 'Si Pembunuh' Diam-diam Ini Renggut Nyawa Seseorang