Find Us On Social Media :

Kekayaan Taliban Rp 23 Triliun pada Tahun Lalu, Ternyata Pendapatannya Berasal dari 7 Sumber Ini, Termasuk Sumbangan Amal Internasional

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 19 Agustus 2021 | 18:25 WIB

Pertemuan petinggi Taliban dengan Pejabat China.

Intisari-Online.com - Militan Taliban di Afghanistan telah tumbuh lebih kaya dan lebih kuat sejak rezim fundamentalis Islam mereka digulingkan oleh pasukan AS pada tahun 2001.

Pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2020, Taliban dilaporkan menghasilkan US$1,6 miliar atau sekitar Rp23 triliun, menurut Mullah Yaqoob, putra mendiang pemimpin spiritual Taliban Mullah Mohammad Omar.

Sebagai perbandingan, pemerintah Afghanistan menghasilkan $5,55 miliar selama periode yang sama.

Melansir National Interest, inilah 7 sumber kekayaan Taliban:

Baca Juga: Kisah Tentara yang Tugas di Afghanistan, Serang Sendirian ke Ladang Jagung Demi ‘Bungkam’ Taliban, Mayatnya Ditemukan Bersama Tiga Musuhnya yang Juga Tewas

1. Narkoba – $416 juta atau sekitar Rp6 triliun

Afghanistan menyumbang sekitar 84% dari produksi opium global selama lima tahun terakhir, menurut Laporan Obat Dunia PBB 2020.

Sebagian besar keuntungan penjualan obat-obatan terlarang itu untuk ke Taliban, yang mengelola opium di daerah-daerah di bawah kendali mereka.

Kelompok tersebut mengenakan pajak 10% untuk setiap mata rantai dalam rantai produksi narkoba.

Baca Juga: Taliban Kuasai Afghanistan, Teroris Jamaah Islamiyah di Indonesia 'Bereuforia' dengan Sujud Syukur dan Takbir, Berdampak ke Indonesia?