Find Us On Social Media :

Padahal Amerika Sudah Bakar Uang Rp1.194 Triliun Demi Perkuat Militer Afghanistan Tetapi Tetap Saja Tak Berkutik di Hadapan Taliban, Terkuak Inilah Kebobroknya Tentara Afghanistan

By Afif Khoirul M, Rabu, 18 Agustus 2021 | 17:07 WIB

Ilustrasi militer Afghanistan.

Intisari-online.com - Amerika telah membangun kekuatan militer di Afghanistan, bahkan telah mengucurkan dana tak sedikit.

Namun, tetap saja Afghanistan tumbang di hadapan Taliban yang memiliki peralatan tempur lebih sedikit dari Afghanistan.

Dibangun dan dilatih dengan biaya besar, angkatan bersenjata Afghanistan runtuh dengan cepat dan lengkap di hadapan Taliban.

Bahkan di beberapa tempat, Taliban tidak perlu mengeluarkan satu peluru pun.

Baca Juga: Mantan Tentara Amerika 'Pembunuh' Osama Bin Laden Ini Mendadak Buka Suara Sebut Tragedi yang Menimpa di Afghanistan Adalah Bencana yang Disebabkan Joe Biden, Apa Maksudnya?

Bahkan investasi besar-besaran Amerika itu malah menguntungkan Taliban.

Menurut AP, Taliban menerima manfaat utama dari investasi 83 miliar dollar AS (Rp1.194) di angkatan bersenjata Afghanistan.

Setelah kemenangan atas tentara Afghanistan, Taliban mengumpulkan serangkaian peralatan militer modern.

Selain itu, organisasi ini juga memperoleh banyak senjata besar, termasuk pesawat tempur, ketika menyerang ibu kota provinsi di Afghanistan, terutama merebut Kabul pada 15 Agustus tanpa "pertumpahan darah".

Baca Juga: Bak Senjata Makan Tuan, Tak Disangka Taliban Awalnya Didukung Amerika Untuk Menjalankan Misi Khusus Ini, Namun Malah Jadi Musuh Amerika Ini Penyebabnya