Find Us On Social Media :

'Rektor UI' Trending di Jagat Twitter, Siapa Sangka Darah Daging Rektor UI Ini Jadi Satu-satunya Sosok yang Dipercaya Jokowi untuk Mengisi Jabatan Sri Mulyani, Karier Sang Rektor Tak Kalah Mentereng

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 21 Juli 2021 | 13:50 WIB

Prof. Dr. Ir. Soemantri Brodjonegoro (kiri) dan Bambang Brojodjonegoro (kanan)

 

Intisari-Online.com – Frasa ‘Rektor UI’ rupanya cukup trending di jagat twitter, hanya gara-gara Rektor Universitas Indonesia (UI) yang merangkap jabatan.

Pada akhir Juni lalu, jagat media sosial dan media online dihebohkan dengan isu rangkap jabatan Rektor UI Ari Kuncoro sebagai pejabat di BUMN.

Ketika itu, Statuta UI yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 2013, dengan tegas melarang Rektor UI merangkap jabatan, termasuk di antaranya menjadi pejabat di perusahaan pelat merah.

Di masa lalu, pernah mendengar kisah Rektor UI Prof. Soemantri Brodjonegoro yang merangkap jabatan?

Baca Juga: Tagar #PresidenTerburukDalamSejarah Trending, Siapa Sangka Rektor UI Satu Ini Malah Disebut Sebagai 'Dalang Rekayasa Sejarah Indonesia', Pelantikannya Bahkan Disambut Caci Maki Mahasiswa

Prof. Soemantri bahkan memegang 11 jabatan yang luar biasa, bagaimana dia bisa memegang jabatan sebanyak itu?

Majalah Intisari edisi April 1967 pernah memuat tentang sosok Prof.Dr.Ir. Soemantri Brodjonegoro sebagai Rektor UI.

Ketika menjadi Rektor UI, jangan pernah membayangkan bahwa Prof. Soematri itu seorang tua renta yang sudah pikun atau punya kebiasaan-kebiasaan aneh, seperti biasanya gambaran seorang profesor.

Jangankan reyot, tanda-tanda ketuaan pada Prof. Soemantri bahkan sedikit pun tak nampak.

Baca Juga: Tidak Mudah Membedakannya, Begini Langkah Bedakan Madu Asli dan Palsu Menurut Peternak Hingga Pakar Madu UI