Find Us On Social Media :

Hati-hati, Virus Corona Varian Kappa yang Asalnya Juga dari India, Telah Terdeteksi Kasusnya di Sumatra Selatan dan DKI Jakarta, Seberapa Parah Penularannya?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 7 Juli 2021 | 07:45 WIB

ilustrasi virus corona

Intisari-Online.com – Hati-hati, varian baru dari virus corona yaitu varian Kappa ternyata telah terdeteksi kasusnya di Sumatra Selatan dan DKI Jakarta.

Siti Nadia Tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mengatakan bahwa saat ini terdata dua kasus positif Covid-19 karena penularan virus corona varian Kappa.

Dua kasus tersebut terdeteksi ada di dua provinsi.

"Satu kasus di Sumatera Selatan pada Januari dan satu kasus di DKI Jakarta pada April," ujar Nadia saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Rumah Sakit Kolaps dan Pemakaman Harus Antri, Seperti Inilah Situasi di Jakarta yang Mirip dengan India, Cuma Butuh 1 Bulan untuk Itu! Masih Tidak Percaya Adanya Covid-19?

Mutasi virus corona varian Kappa, menurut Nadia, saat ini masih berstatus varian of interest (VoI), dan belum menjadi varian of concern (VoC) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Varian ini belum terbukti menimbulkan tingkat penularan Covid-19 yang tinggi," tutur Nadia.

Pada Oktober 2020, varian Kappa ini pertama kali diketahui ditemukan di India,  yang berasal dari strain yang sama, yaitu B.1.617.

Varian Kappa, menurut studi awal modelling WHO ke Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID), diduga bisa berkembang lebih cepat dari varian virus corona lain yang ada di India.

Baca Juga: Tak Melulu Susu Merek Tertentu yang Diperebutkan, WHO Sarankan Makan Makanan Berikut Ini saat Pandemi Covid-19