Find Us On Social Media :

Indonesia Rekor 253.826 Kasus Aktif Covid-19 yang Tertinggi Selama Pandemi, Ilmuwan Identifikasi Dua Obat yang Berpotensi Melawan Corona

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 2 Juli 2021 | 08:50 WIB

Covid hari ini

Intisari-Online.com - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air terus bertambah setiap hari.

Pada Kamis (1/7/2021), kasus aktif Covid-19 mencapai 253.826 kasus. Jumlah ini merupakan yang tertinggi selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Angka itu setara dengan 11,5 persen dari total kasus konfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu, dalam sebuah penelitian baru-baru ini di Science Advances, sebuah tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Milner Therapeutics Institute dan Gurdon Institute Universitas Cambridge, mengidentifikasi 200 obat yang disetujui dan diprediksi bekerja melawan Covid-19.

Baca Juga: Disuruh Ustaz Buka Masker Saja, Langsung Mereka Lakukan', Warga di Kota yang Jadi 'Hot Spot' Varian Delta di Indonesia Ini Disebut Lebih Percaya Ustad Dibanding Polisi dan Militer

Mereka menggunakan kombinasi biologi komputasi dan pembelajaran mesin untuk membuat peta komprehensif protein yang terlibat dalam infeksi SARS-CoV-2 — dari protein yang membantu virus masuk ke sel inang hingga protein yang dihasilkan sebagai akibat infeksi.

Dengan memeriksa jaringan ini menggunakan pendekatan kecerdasan buatan (AI), peneliti dapat mengidentifikasi protein kunci yang terlibat dalam infeksi, serta jalur biologis yang mungkin ditargetkan oleh obat-obatan.

Hingga saat ini, sebagian besar pendekatan molekul kecil dan antibodi untuk mengobati Covid-19 adalah obat yang saat ini menjadi subjek uji klinis atau telah melalui uji klinis dan telah disetujui.

Sebagian besar fokusnya untuk melawan virus utama atau target inang, atau menghentikan peradangan— di mana pengobatan obat dapat digunakan sebagai intervensi.

Baca Juga: Terus Pecahkan Rekor Jumlah Kasus dan Kematian, Faktanya Jakarta Bukanlah 'Hot Spot' Varian Delta di Indonesia, Justru 'Kota Orang Alim' Inilah yang 'Dinobatkan' oleh Media Luar