Find Us On Social Media :

Terlihat Sederhana, Siapa Sangka Semangka Menjadi Lambang Perlawanan Warga Palestina Terhadap Penjajahan Israel, Apa Maknanya?

By Maymunah Nasution, Sabtu, 26 Juni 2021 | 07:29 WIB

ilutrasi biji semangka

Intisari-online.com - Sejak Israel mengancam untuk secara paksa mengusir warga Palestina dari rumah mereka di Sheikh Jarrah dan Silwan bulan lalu, gelombang protes diikuti penanganan dengan kekerasan dari pasukan Israel dan pemukim bersenjata mulai muncul.

Warga Palestina pun telah turun ke media sosial melawan kependudukan tersebut.

Mengutip Middle East Eye, telah ada kampanye online tradisional berlanjut untuk mendidik publik non-Palestina atas peristiwa yang terjadi.

Kampanye itu digalakkan oleh kelompok seperti al-Shabaka, Jewish Peace for Peace dan Institute for Middle East Understanding (IMEU) sama halnya dengan sejarah Palestina.

Baca Juga: Sebut Pemerintahan Otoritas Palestina Sebagai Tangan Kanan Israel, Kritikus Ini Diberangus Pasukan Misterius Ini dan Tewas Tidak Wajar Setelahnya

Namun dunia online juga telah melihat warga Palestina dan yang mendukung mereka menentukan cara baru membangun kebebasan Palestina, termasuk menggunakan simbol visual, meme, lelucon dan parodi.

Dalam menahan kependudukan Israel, warga Palestina telah sering melihat masa lalu sebagai inspirasi.

Simbol yang telah lama menjadi pertahanan Palestina adalah buah semangka, serta kunci, yang melambangkan hak kembalinya tahanan Palestina.

Simbol-simbol lain, terutama baru-baru ini telah lahir di era digital, lepas dari debat dan perbincangan, tapi sering terkait masa lalu.

Baca Juga: Bak Lupa Kekejamannya Sendiri, Israel Sok-sokan Kecam China Atas Perlakuan Kejamnya Terhadap Minoritas Uighur, Rupanya Diminta Sekutunya Ini