Find Us On Social Media :

Ritual Tara Bandu, Tradisi Kuno dan Unik yang Lindungi Lingkungan Timor Leste, Tak Pernah Dilakukan Kala Diduduki Indonesia dan Dijajah Portugis

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 23 Juni 2021 | 12:45 WIB

Ritual Tara Bandu, tradisi kuno dan unik di Timor Leste.

Intisari-Online.com Ritual Tara Bandu, Tradisi kuno dan unik yang melindungi lingkungan Timor Leste, tak pernah diadakan kala diduduki Indonesia dan dijajah Portugis.

Merdeka sejak 2002, Timor Leste menjadi salah satu negara terbaru di dunia.

Tetapi dalam hal melindungi lingkungan, Timor Leste memiliki tradisi kuno dan unik yang dapat dicontoh, yaitu ritual tara bandu.

Di desa Irabere, di dataran tinggi terpencil di distrik Uato-Carbau di Timor Leste, sekelompok orang sekitar 40 penduduk desa mengarungi sungai untuk menangkap ikan.

Baca Juga: Akankah Orang Timor Leste Kehilangan Harapan, Setelah Berubah dari Kesuksesan Demokrasi Jadi Negara Minyak yang Gagal?

Menggunakan jaring kecil yang dilemparkan dengan tangan, mereka berjalan ke hulu di bawah bayangan perbukitan di sekitarnya.

Segelintir anak-anak lokal yang energi bermain di air, bergabung dengan mereka, melompat pada kesempatan untuk melepaskan ikan yang tertangkap dengan memukul-mukul jaring.

Melihat kejadian itu semua sepertinya tampak biasa saja, namun sebenarnya adegan tadi merupakan bagian dari ‘tara bandu’, ritual tiga hari untuk menjaga ekosistem sungai.

"Tara bandu adalah tata kelola lingkungan praktis oleh nenek moyang kita," jelas Demetrio do Amaral de Carvalho, penasihat sekretaris negara untuk lingkungan, dan salah satu pendiri Haburas, salah satu organisasi lingkungan terkemuka di Timor Lorosa'e.

Baca Juga: Peristiwa Pembunuhan di Santa Cruz Timor Leste 1991, Saat Parlemen Portugal dan 12 Wartawan Internasional 'Dilarang Masuk' oleh Indonesia