Find Us On Social Media :

Saat Virus Corona Varian Delta Menjadi Ancaman Baru Dunia, Hampir Semua Negara Asia Tenggara Termasuk Indonesia Babak Belur, Timor Leste Justru Disebut Lebih Aman, Ini Alasannya

By Maymunah Nasution, Senin, 21 Juni 2021 | 16:53 WIB

Penanganan pandemi Covid-19 di Timor Leste. Tim penyambut berhazmat standby di air port.

Intisari-online.com - Peningkatan tajam kasus virus Corona dari varian baru di negara-negara Asia Tenggara mencatat angka yang mengkhawatirkan.

Mengutip euronews.com banyak negara tetangga Indonesia menerapkan pembatasan baru, penutupan pabrik dan upaya mempercepat program vaksinasi.

Pada akhir Mei lalu, jumlah kasus harian Covid-19 di Malaysia telah mengungguli angka kasus per kapita di India, sedangkan total kasus di Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos dan Timor Leste meningkat dua kali lipat.

Thailand, yang dulunya mencatat infeksi kedua setelah China, telah memenangkan waktu-waktu awal guna menahan gelombang pertama kasus Covid-19.

Baca Juga: Pantas China Sangat Cepat Atasi Covid-19 di Negaranya, Rupanya Negari Panda Gunakan Cara Berani Ini Untuk Lindungi Rakyatnya dari Covid-19

Namun jumlah kematiannya telah meningkat 10 kali lipat dalam 2 bulan saja, meski terbilang rendah daripada standar global.

Kekhawatiran itu ditambah dengan pejabat Vietnam membeberkan penemuan kombinasi "sangat berbahaya" dari varian Covid-19 Inggris dan India atau Alpha dan Delta, yang menyebar cepat lewat udara.

Indonesia sampai saat ini mencatat 1.989.909 kasus baru, total kematian 52.662 dan kasus aktif 142.719 mengutip worldometer.info/coronavirus.

Di bawah Indonesia ada Filipina dengan 1.359.015 kasus dan 23.621 kematian.

Baca Juga: Vaksinasi Indonesia Dipertanyakan, Meski Sudah Lakukan Vaksinasi Nyatanya Indonesia Tetap Alami Lonjakan Covid-19 Masih Tinggi Sampai Mendapat Sorotan Dunia Begini