Find Us On Social Media :

Berang dengan Sebutan Teroris dari Pemerintah, Aktivis Papua Sebut 9 Alasan Pemerintah Menamai KKB Papua Sebagai Teroris yang 'Tidak Mengherankan'

By Maymunah Nasution, Minggu, 20 Juni 2021 | 17:05 WIB

Lekagak Telenggen, Komandan TPNPB-OPM/Pimpinan KKB Papua.

Intisari-online.com - United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yakin pemerintah Indonesia punya 9 motif dari menamai KKB Papua sebagai teroris. Eksekutif direktur ULMWP Markus Haluk mengatakannya dalam seminar dan diskusi buku mengenai 'Menuntut Martabat, Warga Papua Dihukum di Jayapura' Jumat 11 Juni 2021.

Ia mengatakan diyakini salah satu alasannya adalah untuk membatasi diplomasi ULMWP di berbagai negara Melanesia, Pasifik dan negara lain di seluruh dunia.

"Kami telah membacanya sejak beberapa bulan yang lalu," ujar Haluk dikutip dari asiapacificreport.nz.

Baca Juga: Konflik Berkepanjangan Indonesia-Papua, Saat 10.000 Orang Papua Mengarak Peti Mati Melalui Jalanan Jayapura pada 2005

Ia mengatakan pemerintah Indonesia lanjut berjuang meningkatkan pengaruhnya di sejumlah forum internasional yang dihadiri oleh delegasi ULMWP.

Di berbagai forum tersebut, delegasi Indonesia berupaya meminimalkan peran delegasi Papua.

"Mereka memulai dengan isu bahwa Papua tidak mampu membayar iuran (untuk Melanesian Spearhead Group). Papua sudah menangani berbagai upaya.

"Kemudian Indonesia menaikkan ulang isu terorisme lagi," ujar Haluk, yang membacakan presentasi berjudul "Membeberkan motivasi pemerintah dengan label teroris untuk Papua".

Baca Juga: Inilah Sonny Wanimbo Sosok Ketua DPRD yang Disebut Ratius Murib Danai KKB Papua, Sebut-sebut Tidak Kuliah di Bali, Apa Hubungannya?