Find Us On Social Media :

Sepak Terjang Timor Leste dalam Dunia Sepak Bola, Xanana Gusmao Pernah Mengakui Satu Hal Ini Mengenai Prasarana Olahraga di Negaranya

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 17 Juni 2021 | 16:34 WIB

Olahraga Timor Leste

Intisari-Online.com - Orang Timor berpartisipasi dalam berbagai bidang olahraga, termasuk sepak bola yang sangat mereka sukai.

Timor Leste pernah ikut dalam beberapa acara olahraga internasional, seperti Pesta Olahraga Asia Tenggara 2003 yang diadakan di Vietnam pada tahun 2003.

Pada Paralimpiade ASEAN 2003, juga diadakan di Vietnam, Timor Leste memenangkan medali perunggu.

Di Olimpiade Athena 2004, enam atlet berpartisipasi dalam tiga cabang olahraga: atletik, angkat besi, dan tinju.

Baca Juga: Walau Dikenang Karena Kebrutalannya Saat Melakukan Invasi ke Timor Leste, Ternyata Hanya Indonesia yang Justru Berjasa Berikah Hal Ini Secara Nyata di Timor Leste

Timor Leste meraih tiga medali di Arnis pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2005.

Timor Leste adalah salah satu negara yang bersaing di Lusophony Games pertama, mereka memenangkan medali perunggu dalam kompetisi bola voli putri.

Pada tanggal 30 Oktober 2008, Timor Leste memperoleh poin internasional pertama mereka di FIFA pertandingan dengan hasil imbang 2-2 melawan Kamboja.

Meski begitu, pada 2018 mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, mengakui sarana dan prasarana olahraga di negaranya, khususnya sepak bola, masih cukup minim.

Baca Juga: Invasi Indonesia di Timor Leste: Operasi Militer Berskala Besar yang Pernah Dilakukan Indonesia, Didahului Misi Intelijen