Find Us On Social Media :

Kebakaran Jenggot China Bisa Lebih Kaya dari Mereka, Amerika Ajak Negara Barat Lain Rencanakan Strategi Kalahkan China, 'Mereka Tidak Sesuai Standar'

By Maymunah Nasution, Minggu, 13 Juni 2021 | 19:54 WIB

Pertemuan pemimpin G7 dari negara-negara Barat membahas cara 'mengalahkan' China

Intisari-online.com - Negara-negara demokrasi terkaya di dunia, atau Group of Seven (G7) melaksanakan pertemuan Sabtu kemarin membahas China.

Dilansir dari Reuters, pertemuan G7 yang dilaksanakan di barat daya Inggris dilakukan untuk mencari respon sama menghadapi kekuatan China di bawah Xi Jinping yang terus tumbuh.

Selama 40 tahun terakhir, ekonomi dan militer China memang tumbuh terus-terusan dengan arahan Xi Jinping.

Presiden AS Joe Biden dan pemimpin G7 menelurkan rencana untuk mengalahkan proyek ambisius Xi Jinping, Belt and Road Initiative (BRI).

Baca Juga: Ada Bukti China Produksi Senjata Biologis Jelang Potensi Perang Dunia III, Pelanggran Konvensi Senjata Biologis 1984?

Biden dan pemimpin G7 lain memiliki rencana Build Back Better World (B3W) yang menyediakan kemitraan infrastruktur transparan yang membantu menyalurkan USD 40 Triliun yang dibutuhkan oleh negara berkembang pada 2035, ujar Gedung Putih.

"Ini tidak hanya mengkonfrontasi China," ujar pejabat senior di pemerintahan Biden.

"Namun sampai sekarang kami belum menawarkan pengganti alternatif sesuai dengan nilai, standar dan cara kami berbisnis."

AS kemudian mengatakan ada konsensus G7 untuk perlunya pendekatan bersama kepada China terkait perdagangan dan HAM.

Baca Juga: Dari Awal Ternyata Sudah Kembangkan 'Persahabatan' Ganjil, Xanana Gusmao Pernah Sesumbar Timor Leste Terbuka bagi Armada China, Dijadikan Pangkalan Militer?