Find Us On Social Media :

Dari Awal Ternyata Sudah Kembangkan 'Persahabatan' Ganjil, Xanana Gusmao Pernah Sesumbar Timor Leste Terbuka bagi Armada China, Dijadikan Pangkalan Militer?

By Maymunah Nasution, Minggu, 13 Juni 2021 | 08:06 WIB

Ilustrasi orang Timor Leste

Intisari-online.com - China dan Timor Leste memiliki hubungan ganjil yang memanfaatkan Timor Leste yang miskin menjadi negara yang diperas China.

Namun tampaknya Timor Leste tidak keberatan akan hal itu.

Di tahun 2014 lalu bahkan Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan pihaknya terbuka bagi kehadiran armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China di wilayahnya.

”Saya ditanya hal yang sama saat berada di Australia. Kami terbuka dan sebagai negara kecil tentu menyambut baik pihak-pihak yang bersahabat,” kata Xanana di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (10/2/2014) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jadi Sosok yang Mati-Matian Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste, Ramos Horta Malah Sebut Papua Lebih Baik Tetap Gabung Indonesia, Tak Disangka Hal Ini Alasannya

Sebelumnya ia ditanya mengenai kesiapan Timor Leste membuka pangkalan militer bagi armada China.

Atau jika bukan pangkalan militer ternyata kemungkinan membangun fasilitas logistik dan perbaikan kapal bagi armada China yang saat itu membangun kekuatan lintas benua masih ada.

Bagi Xanana, Asia Pasifik adalah wilayah yang luas dan mampu menampung niat positif dari semua pihak yang berkepentingan.

Meski begitu ia tidak mengatakan di mana fasilitas bagi angkatan laut asing itu akan dibangun.

Baca Juga: Diwariskan oleh Jepang, Inilah Terowongan Venilale di Timor Leste yang Jadi Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan Timor Lorosae