Find Us On Social Media :

Beruntung Dua Aktivis 'Generasi Baru' Palestina Dibebaskan, Sosok Ini Pernah Ditahan Berbulan-bulan Usai Tuntut Keadilan, Bongkar Perlakukan Israel pada Tahanan Wanita di Penjara

By Khaerunisa, Kamis, 10 Juni 2021 | 16:55 WIB

Ahed al-Tamimi, aktivis Palestina.

Intisari-Online.com - Baru-baru ini dua aktivis muda Palestina mendapat sorotan dengan keberaniannya membela warga Palestina dari pengusiran Israel.

Mereka adalah Muna al-Kurd dan Mohammed al-Kurd, dua bersaudara yang kini dianggap menandai 'generasi baru ikon pembela Palestina.

Generasi baru yang berjuang untuk melindungi rumah mereka juga memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Mengutip Aljazeera, aktivis berusia 23 tahun tersebut menyoroti perintah pengadilan Israel agar keluarganya, dan beberapa orang lainnya, diusir secara paksa dari rumah mereka di Sheikh Jarrah.

Baca Juga: Menguak Kehidupan Penjinak Bom di Gaza, Tangani Ribuan Bom yang Tak Meledak dengan Peralatan Sederhana dan Tanpa Pelindung, 'Setiap Hari Bisa Menjadi Hari Terakhirmu'

Sebuah klip video yang menunjukkan Muna menantang seorang pemukim Yahudi, menegurnya karena "mencuri" rumahnya, menjadi viral secara online saat Mohammed diwawancarai oleh beberapa penyiar Amerika, di antara jaringan internasional lainnya.

Muna dan Mohammed dipandang sebagai contoh generasi baru pemberi pengaruh dalam masyarakat Palestina dengan banyak pengikut mereka di media sosial. Mereka pun tak gentar ketika ditangkap aparat Israel.

Dua bersaudara tersebut akhirnya dibebaskan dan disambut dengan kebanggaan terhadap keberanian mereka.

Muna dan Muhammed tentu bukan satu-satunya aktivis muda yang pernah ditangkap, adalah Ahed al-Tamimi yang pernah merasakan penjara Israel selama berbulan-bulan.