Find Us On Social Media :

Dikucuri Dana Rp152 Miliar, Inilah Proyek Militer Kontroversial Amerika Serikat di Timor Leste, Negeri Paman Sam Itu Terendus Punya Rencana Licik Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 10 Juni 2021 | 15:41 WIB

Ilustrasi Timor Leste

Intisari-online.com - Sebagai negara kecil yang berdiri dengan kakinya sendiri, bantuan dan investasi asing dianggap sangat berarti.

Oleh sebab itu, Timor Leste menerima setiap investasi asing yang masuk, seperti dari Australia hingga China, bahkan Amerika.

Walau sedikit terdengar bantuan dari Amerika untuk Timor Leste, ternyata AS punya investasi di Timor Leste.

Menurut Macaubusiness, duta besar AS di Dili sempat membicarakan kesepakatan sengan Timor Leste mengenai penyediaan pesawat untuk opersi Baucau.

Baca Juga: Misteri Jenazah Perdana Menteri Pertama Timor Leste yang Ditembak Mati Pasukan Indonesia, Keberadaannya Tak Jelas Hingga Kini Meski Para Ahli Telah Dikerahkan

Tujuan pengadaan pesawat itu adalah untuk melakukan pemantauan maritim di wilayah negara tersebut.

"Saya optimis dan saya pikir sangat dekat untuk mencapai tahap akhir, hingga dokumen ini bisa masuk ke Kabinet, kemudian kami bisa menandatanganinya dan memulai persiapan," Kata Kevin Blackstone.

Proyek ini bertujuan menyediakan pesawat Cessna, untuk pengawasan maritim.

Kendaraan darurat dan beberapa perbaikan ringan untuk infrastruktur bandara Bauncau, kota terbesar kedua di Timor Leste setelah Dili.

Baca Juga: Terindah di Dunia, Negara Timor Leste Punya 'Coral Triangle' dengan 76 Persen dari 805 Spesies Karang Dunia Ada di Sini