Find Us On Social Media :

Mengungkap Pembicaraan Menteri Luhut dan Erick Thohir dengan Pemerintah China, Inilah Sejumlah Kesepakatan yang Akan Dilakukan Indonesia dengan China

By Maymunah Nasution, Minggu, 6 Juni 2021 | 16:15 WIB

Menlu China Wang Yi berjumpa dengan Menko Luhut Binsar Pandjaitan membahas penguatan kerja sama antara China dengan Indonesia di Provinsi Yunnan, China, Jumat (9/10/2020).

Intisari-online.com - Pemerintah Indonesia baru saja lakukan pertemuan dengan pemerintah China pada Sabtu 5/6/2021 kemarin.

Dikutip dari Kompas.com, delegasi Indonesia dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan baru bertemu dengan pemerintah China.

Menteri Luhut juga didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, serta Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara serta Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono.

Luhut menjelaskan apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut, meliputi kerja sama penting kedua negara.

Baca Juga: Menteri Luhut Sampai Menyebutnya 'Pembuka' Industri Kendaraan Elektrik di Indonesia, Smelter Nikel RI-China Ini Dicacat Mati-matian Oleh Pihak Internasional, Ini Sebabnya

Salah satunya proyek kerja sama prioritas, perdagangan, ekonomi dan investasi.

Semua ini terangkum dalam kerja sama High Level Dialogue on Cooperation Mechanism (HDCM).

Luhut meneruskan agenda pertemuan membentuk komitmen kedua negara guna mempererat kerja sama merespon tantangan global.

Kedua negara sepakat dalam membangun kerja sama yang saling menguntungkan terkait dengan BUMN, investasi, keuangan, kesehatan dan kemaritiman.

Baca Juga: Indonesia Berhasil Dijadikan China Sebagai Pabrik Listrik Mereka, Tetapi Menteri Luhut Justru Ketar-ketir Karena Hal Ini