Find Us On Social Media :

Pantas Tingkat Infeksinya Lampaui India, Malaysia Ternyata Tak Hanya Dihantam 'Varian Covid-19 India', tapi juga Dua Varian Lain yang Sudah Bikin WHO Geleng-geleng

By Maymunah Nasution, Selasa, 1 Juni 2021 | 13:30 WIB

Kasus COVID-19 di Malaysia mengalami pegigkatan drastis

Intisari-online.com - Krisis kesehatan Malaysia memburuk saat kasus Covid-19 meningkat drastis menjadi bertambah secara eksponensial.

Secara persentase, tingkat infeksi harian di Malaysia kini ungguli India.

Menyungkil Asia Times, dengan jumlah catatan pasien sakit kritis memenuhi hampir 1200 ranjang ICU, sistem kesehatan saat ini berada di titik paling rapuh di tengah laporan dokter memberikan prioritas perawatan kepada pasien yang punya kesempatan pulih lebih besar.

Negara tetangga itu telah melihat peningkatan kasus Covid-19 melonjak lima kali lipat sejak awal tahun 2021 dan beberapa hari berturut-turut sewaktu liburan Idul Fitri itu kasus harian mencapai ribuan.

Baca Juga: Padahal Negaranya Porak-poranda Akibat Covid-19, Nyatanya Pertumbuhan Ekonomi di India Meningkat, Terbongkar Ini Rahasianya

Infeksi terbaru sedang dilacak untuk acara perkumpulan melanggar aturan social distancing dan pembatasan yang diberlakukan akhir bulan Ramadan.

Penularan harian telah lama melampaui perkiraan Kementerian Kesehatan Malaysia, yang memperkirakan mencapai 8000 kasus pada 5 Juni jika protokol kesehatan tidak ditaati.

Namun pada 29 Mei, Malaysia sudah mencatat 9020 kasus dan 98 kematian.

Bulan Mei kemarin juga sudah mencatat kematian kumulatif tertinggi mencapai 1289, melebihi total korban jiwa yang dicatat oleh Malaysia selama tahun pertama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Malaysia Mencekam, Covid-19 Bikin Negaranya Lakukan Lockdown Super Ketat, Indonesia Diprediksi Kena Getahnya