Find Us On Social Media :

Mutasi Covid-19 di India Saja Sudah Bikin Dunia Ketar-ketir, Mutasi Baru Covid-19 Malah Terdeteksi Muncul di Negara Tetangga Indonesia Ini

By Khaerunisa, Minggu, 30 Mei 2021 | 21:35 WIB

Ilustrasi virus corona (Covid-19).

Intisari-Online.com - Sejak beberapa waktu lalu, dunia dibuat ketar-ketir dengan mutasi Covid-19 di India.

Seiring dengan hadirnya mutasi Covid-19 di India, negara ini sendiri mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang membuat layanan kesehatan kewalahan.

Berbagai potret memprihatinkan India terpampang menambah kengerian.

Ketika dunia masih dibuat khawatir tentang apa yang terjadi di India, mutasi baru Covid-19 malah ditemukan di negara tetangga Indonesia ini.

Baca Juga: Panas Terus-Terusan Dituduh AS Covid-19 Berasal Dari Laboratorium Wuhan, China Pasrah dan Ungkap Rencana Politik AS di Balik Tujuannya Lakukan Penyelidikan

Melansir 24h.com.vn (30/5/2021), pada tanggal 29 Mei, Prof.Dr.Le Thi Quynh Mai, Wakil Direktur dari Central Institute of Hygiene and Epidemiology, mengumumkan informasi tentang varian baru dari virus SARS-CoV-2 dengan munculnya "mutasi yang hilang Y144 pada protein S dari virus B.1.617.2 (varian baru yang pertama kali ditemukan di India)".

Jenis mutasi tersebut juga dikatakan memiliki karakteristik yang mirip dengan varian B.1.1.7 (pertama kali ditemukan di Inggris).

Kemudian, dalam pernyataan media yang dikirim melalui email pada hari yang sama tanggal 29 Mei, Direktur Teknis Program Tanggap Darurat WHO, Dr. Maria van Kerkhove mengatakan WHO "belum menilai subtipe virus" (SARS-CoV-2) yang terdeteksi di Vietnam.

Kerkhove mengatakan bahwa kantor perwakilan WHO di Vietnam telah bekerja dengan Kementerian Kesehatan Vietnam dan WHO, di mana mereka masih menunggu informasi lebih lanjut.