Find Us On Social Media :

Mengenang Tokoh-tokoh Persatuan dari Papua, Lawan Penjajahan hingga Berjasa dalam Penyelesaian Sengketa Indonesia-Belanda

By Khaerunisa, Senin, 31 Mei 2021 | 10:15 WIB

Silas Papare, salah satu tokoh persatuan dari Papua.

Intisari-Online .com - Aktivitas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua belakangan ini semakin meresahkan.

Berbagai aksinya menimbulkan sejumlah korban jiwa baik dari aparat maupun masyarakat sipil.

Sejarah kelompok bersenjata di Papua diketahui dimulai sejak tahun 1965, di mana saat itu terjadi perlawanan bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk pertama kali.

Kemunculan OPM yang merupakan istilah umum bagi gerakan prokemerdekaan Papua, dipicu atas sikap pemerintah Indonesia sejak tahun 1963.

Baca Juga: Pengejaran KKB Papua Lewat Operasi Satgas Nemangkawi Diperpanjang, Bakal Pertajam Taktik Ini

Mengutip Tribun Papua, menurut peneliti kajian Papua di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), gerakan prokemerdekaan Papua merupakan imbas dari perlakuan tidak adil yang diterima masyarakat Papua dari pemerintah Indonesia yang dianggap represif.

Muncul juga keberadaan KKB atau yang dikenal sebagai Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM), yang juga disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Bersenjata (KSB).

Kini terus diperbincangkan kelompok separatis di Papua yang ingin memerdekakan diri, mengingat sejarah Indonesia ada sejumlah tokoh teladan persatuan dari Papua.

Mereka berjuang melawan penjajahan hingga berjasa dalam penyelesaian konflik Indonesia-Belanda, siapa saja?