Find Us On Social Media :

Menang di Ekspor Minyak Bumi, Terkuak Mengapa Ekonomi Timor Leste Masih Terseok-seok

By Maymunah Nasution, Sabtu, 22 Mei 2021 | 17:40 WIB

Ilustrasi, Timor Leste dan minyak bumi.

Intisari-online.com - Timor Leste sama halnya dengan negara lain telah mendapat pengalaman ekonomi anjlok akibat pandemi Covid-19.

Namun ekonomi Timor Leste memang sudah rapuh jauh sebelum pandemi dan akan terus rapuh ke depannya.

Bertahun-tahun lamanya Timor Leste telah dinasehati untuk memprioritaskan dan mengambil langkah kongkrit meningkatkan jumlah sektor produktifnya, yang penting untuk melebarkan jalur ekonomi dan kurangi ketergantungan minyak bumi.

Mengutip The Diplomat, program pengembangan ekonomi dari Pemerintah Konstitusi Kedelapan yang menjabat sejak 2018, menekankan penguatan sektor produktif di sekitar industri penting termasuk pertanian dan turisme.

Baca Juga: Dikenal dengan Kekayaan Minyaknya Tetapi Menyandang Negara Termiskin di Dunia, Sebenarnya Berapa Penghasilan Timor Leste dari Minyak Bumi, Data Ini Bocorkan Rinciannya

Sementara itu lembaga swadaya masyarakat (LSM), mitra pengembang dan pakar-pakar lain telah menekankan risiko tergantung pada minyak dan perlunya pelebaran jalur ekonomi guna memiliki perkembangan lebih berkelanjutan.

Meski sudah diperingatkan demikian, ekonomi Timor Leste tetap bergantung berat pada hasil dari minyak dan gas sementara kemajuan melebarkan ekonomi tidak berjalan.

Melebarkan ekonomi atau mendiversifikasinya memang perlu waktu dan proses yang terbilang rumit.

Namun untuk Timor Leste, beberapa faktor sangat jelas terlihat.

Baca Juga: Sempat Nikmati Manisnya Pertumbuhan Ekonomi, Timor Leste Perlahan-lahan Hancur Karena Pemerintah yang Tak Becus Urus Anggaran, Ladang Minyak Tak Bisa Dinikmati hingga Proyek Besar Mangkrak