Find Us On Social Media :

Bisa Lumpuhkan Ekonomi Satu Generasi, Proyek 'Arogan' Xanana Gusmao Dipastikan Hanya Jadi Impian, Kecuali Timor Leste Rela Menyerahkan Kedaulatan Bangsanya

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 4 Oktober 2020 | 18:30 WIB

Xanana Gusmao

Intisari-Online.com - Artikel terbaru Ian Lloyd Neubauer untuk Nikkei Asiamengajukan pertanyaan menarik:

Seberapa jauh seorang pemimpin politik harus melangkah dalam mengejar kebijakan nasionalis jika itu berarti menyerahkan sebagian besar kedaulatan bangsanya?

Sindiran di balik pertanyaan ini adalah bahwa beberapa pemimpin politik Timor-Leste mungkin sangat putus asa untuk membangun pabrik di darat guna memproses minyak dan gas yang akan diambil dari ladang gas Greater Sunrise sehingga mereka akan beralih ke China untuk mendapatkan dana.

Meskipun Bank Exim milik negara China telah menolak ide pemberian pinjaman $ 16 miliar untuk usaha ini, rumor semacam itu telah berkembang biak setidaknya sejak 2017 dan tak juga mereda.

Baca Juga: Sepak Terjang David Ben Gurion, Sosok Pendiri Negara Israel yang Terobsesi Senjata Nuklir

Akankah Dili bangun dan beralih ke kamp Beijing untuk mengamankan dana?

Dan apa yang diharapkan Beijing sebagai balasannya?

Mungkin di beberapa sudut negara setengah pulau di mana ia bisa membangun pangkalan militer?

Tentu saja, Beijing memenangkan sebuah negara yang tidak jauh dari garis pantai Australia dan terletak di daerah strategis yang penting di Indo-Pasifik adalah narasi yang menarik bagi para editor, dan ini menunjukkan ketakutan Barat terhadap China yang ekspansionis secara militer dan "hutang Beijing" trap diplomacy. ”

Baca Juga: Jadi Pion Andalan di Suriah dan Libya, Tentara Bayaran Ini Kembali Jadi Tumpuan Turki untuk Sokong Militer Azerbaijan, Jumlahnya Dijamin Bikin Gentar Armenia