Find Us On Social Media :

Kini Jadi Destinasi Wisata Baru, Dulu Perbatasan Indonesia Timor Leste Diakui Warga Perbatasan Bikin Mereka Malu, Kok Bisa?

By Khaerunisa, Sabtu, 22 Mei 2021 | 13:30 WIB

Patung Soekarno di PLBN Motamasin, Perbatasan Indonesia-Timor Leste.

 

Intisari-Online.com - Timor Leste merupakan salah satu negara yang berbatasan langsung di darat dengan Indonesia.

Perbatasan Indonesia-Timor Leste ada di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka, ini merupakan wilayah Indonesia yang berbatasan dengan daratan utama Timor Leste.

Sementara wilayah Indonesia yang berbatasan dengan daerah kantong Timor Leste, Oecussi-Ambeno, adalah Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Kupang.

Kini, ada 3 Pos Lintas Batas Negara atau PLBN, tempat pemeriksaan dan pelayanan keluar masuk orang dan barang dari dan keluar wilayah Negara Indonesia di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Baca Juga: Pantas Saja Timor Leste Susah Kaya, Baru Diselidiki Saja Puluhan Pejabatnya Terendus Tersangkut Kasus Korupsi

Di antaranya PLBN Motaain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Sementara itu, ada 2 PLBN yang mulai dibangun pada 2020 dan belum diresmikan, yaitu PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang dan PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Keberadaan PLBN di perbatasan Indonesia-Timor Leste saat ini rupanya tak hanya berfungsi sebagai pos lintas batas saja, tapi juga sebagai destinasi wisata baru.

Pembangunan yang gencar dilakukan di perbatasan Timor Leste beberapa tahun terakhir, rupanya merupakan hal yang 'berarti' bagi warga perbatasan yang sempat merasa malu.