Find Us On Social Media :

Dijuluki 'Orang yang Bantu Berdirinya Negara Israel', Presiden AS Harry Truman Ternyata Sangat Muak dengan Cara Orang-orang Yahudi Amerika Melobi Pemerintah Amerika

By Khaerunisa, Kamis, 20 Mei 2021 | 15:50 WIB

Presiden AS Harry Truman, pemimpin dunia pertama yang mengakui Negara Israel

Intisari-Online.com - Presiden Amerika Serikat ke-33, Harry Truman, adalah sosok pemimpin dunia pertama yang mengakui Israel ketika Negeri Yahudi didirikan pada tahun 1948.

Dengan perannya itu, ia pun dijuluki sebagai 'Orang yang Membantu Menciptakan Negara Israel'.

Begitulah Presiden Harry Truman diperkenalkan oleh sahabat Yahudinya, Eddie Jacobson kepada pejabat Amerika-Yahudi ketika menghadiri Seminar Teologi Yahudi di Upper West Side Manhattan pada November 1953.

Selain dikenal sebagai sahabat Truman, Eddi Jacobson juga merupakan mitra bisnis Presiden AS ke-33 itu.

Baca Juga: Dihancurkan Babilonia, Dinistakan Romawi, Masjid Al-Aqsa Baru Rengkuh Kembali Kehormatannya Kala Islam yang Dibawa Nabi Muhammad Tiba di Tempat Suci Tersebut

Kedekatannya dengan Jacobson disebut sebagai salah satu hal yang memengaruhi keputusan Truman untuk mengakui Negara Israel.

Ketika diperkenalkan sebagai 'Orang yang Membantu Menciptakan Negara Israel', dikisahkan Truman mengoreksi temannya, “Apa maksud Anda 'membantu menciptakan?' Saya Cyrus. Saya Cyrus," katanya.

Cyrus merujuk pada raja Persia 2.500 tahun lalu yang mengalahkan Babilonia dan mengizinkan elit yang diasingkan dari Kerajaan Yehuda untuk kembali ke Yerusalem dan membangun kembali Bait Suci.

Tampil sebagai wakil Amerika Serikat untuk mengakui Negara Israel memang menjadi kebanggaan bagi Truman, namun rupanya ia juga mengeluhkan tentang sikap orang-orang Yahudi Amerika yang melobi pemerintah AS.