Find Us On Social Media :

Meski Bahasa Portugis Jadi Bahasa Resmi, Orang Timor Leste Rupanya Lebih Suka Pakai Bahasa Indonesia di Sekolah Maupun Kehidupan Sehari-hari

By Tatik Ariyani, Minggu, 16 Mei 2021 | 16:37 WIB

Orang muda Timor Leste di taman kota Dili.

Intisari-Online.comBahasa Portugis adalah salah satu dari dua bahasa resmi di Timor Leste, tetapi jarang digunakan.

Timor Leste adalah koloni Portugis selama lebih dari tiga abad, tetapi hanya sekitar 5 persen dari satu juta penduduknya yang sekarang berbicara bahasa Eropa.

Setelah Lisbon membebaskan wilayah itu, Timor Leste diduduki oleh Indonesia selama 24 tahun sebelum memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 2002.

Di bawah pemerintahan Indonesia, bahasa Portugis ditekan.

Baca Juga: Namanya Sedikit Dikenal, Inilah Jenderal Militer Indonesia yang Namanya Pernah Disebut PBB Untuk Diadili Karena Kejahatan di Timor Leste, Tetapi Malah Tersandung Kasus Korupsi

Saat ini, penutur bahasa Portugis sebagian besar berasal dari elit politik atau orang tua yang berpendidikan di era kolonial, seperti diwartakan Reuters (23/4/2007).

Meskipun pemerintah berupaya untuk mendorong penggunaan bahasa Portugis sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa pengantar utama di sekolah menengah dan universitas, bersama dengan bahasa asli Tetum, bahasa nasional Timor Leste lainnya.

Banyak pemimpin Timor Timur pergi ke pengasingan di Portugal atau koloninya sebelum atau segera setelah wilayah itu diserang oleh pasukan Indonesia dan banyak dari mereka tidak bisa berbahasa Indonesia.

Mereka menganggap bahasa Portugis sebagai bahasa perlawanan.

Baca Juga: Penyelesaiannya Baru Disepakati 2 Tahun Lalu, Ternyata Sengketa Perbatasan Indonesia-Timor Leste Pernah Membuat Kerajaan di Kupang Ini Tabuh Genderang Perang terhadap Timor Leste