Find Us On Social Media :

Isi Perjanjian Roem Royen dan Dampaknya Bagi Indonesia, Termasuk Dibebaskannya Soekarno dan Hatta

By Khaerunisa, Minggu, 16 Mei 2021 | 08:50 WIB

Perjanjian Roem-Royen.

Intisari-Online.com - Apa saja isi perjanjian Roem Royen yang disepakati Indonesia dan Belanda pada 7 Mei 1949?

Perundingan Roem Royen yang dimulai 14 April 1949 ini dilakukan sebagai salah satu upaya penyelesaian konflik Indonesia Belanda.

Di awal kemerdekaan Indonesia, Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan bekas jajahannya dan ingin kembali berkuasa.

Belanda kembali ke Indonesia dengan menunggangi utusan sekutu yang hendak melucuti dan memulangkan tentara Jepang di Indonesia.

Baca Juga: Isi Perjanjian Hudaibiyah, Kesepakatan yang Akhirnya Dicapai Usai Rombongan Muslim Dihalangi Masuk Mekkah oleh Kaum Quraisy

Konflik Indonesia Belanda berlangsung kurang lebih selama 4 tahun, dan Perjanjian Roem Royen merupakan kesepakatan yang mendekatkan Indonesia kepada pengakuan kedaulatan oleh Belanda setelah sejumlah perjanjian gagal.

Pada 19 Desember, Belanda melancarkan serangan militer ke ibukota Indonesia di Yogyakarta, yang dikenal sebagai Agresi Militer Belanda II.

Aksi Belanda tersebut dikecam dunia dan membuat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menginisiasi perundingan lain untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Diselenggarakanlah perundingan yang menghasilkan perjanjian Roem Royen yang ditengahi sebuah komisi PBB, United Nations Commission for Indonesia (UNCI).