Intisari-Online.com – Fantasi penjelajahan manusia telah menjadi aspirasi agung yang berlangsung ribuan tahun.
Dari layang-layang hingga penerbangan luar angkasa komersial, garis waktu penerbangan berawak terbentang lebih jauh melewati sejarah daripada yang mungkin pernah kita pikirkan.
Namun, siapa sangka setiap kali ada penemuan baru, muncul pula tragedi baru.
Namun, seperti kebanyakan peristiwa bersejarah, catatan dan laporan yang bisa dipercaya mungkin sulit didapat.
Baca Juga: Kecelakaan-kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mematikan (02): Di Dunia
Ledakan teknologi selama abad terakhir membuat kita dapat menangkap dan merekam setiap peristiwa dalam detail visual yang lebih besar dan lebih banyak.
Berikut ini tiga momen terburuk sepanjang sejarah penerbangan yang tertangkap kamera.
1. Hindenburg
Hanya dua zeppelin kelas Hindenburg yang dibuat, tetapi sebagai zeppelin terbesar yang pernah terbang, zeppelin tersebut sudah dianggap luar biasa.
Baca Juga: Kecelakaan-kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mematikan (01): Di Cina
Dengan panjangnya yang kurang dari 121,9 meter dari ketinggian Empire State Building, LZ-29 Hindenberg benar-benar puncak perjalanan udara dan kebanggaan Nazi Jerman.
LZ-29 Zeppelin menjadi pesawat komersial pada Maret 1936 dan selama tahun itu akan melakukan sepuluh perjalanan pulang-pergi antara Eropa dan New York dengan jarak tempuh 308.323 km.
Meskipun tahun pertama sangat sukses transit hampir 3.000 penumpang serta surat dan impor, apa yang menjadi inti kapal ditakdirkan untuk menjadi kehancurannya.
Pada saat LZ-29 Hindenburg dibangun, akses ke helium yang terjangkau (gas pilihan untuk melepaskan pesawat dari darat) adalah prestasi yang hampir mustahil, terutama dalam jumlah yang dibutuhkan untuk mengisi tangki sebesar itu.
Dengan ketegangan yang tumbuh secara politik di seluruh dunia, dan AS memiliki akses yang hampir eksklusif ke helium, Hindenburg malah diisi dengan hidrogen; gas yang memberikan daya angkat lebih dari helium, dan mudah diakses serta terjangkau.
Terlepas dari manfaatnya, cacat fatal hidrogen inilah yang menjadikan helium sebagai gas preferensial: hidrogen sangat mudah terbakar.
Untuk mengurangi kemungkinan bencana, Hindenburg dirancang dengan kompartemen terpisah yang menyimpan hidrogen serta lembaran luar reflektif yang dirancang khusus yang memblokir sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan seiring waktu dan menghentikan cahaya inframerah dari memanaskan hidrogen yang terkandung.
Terlepas dari langkah-langkah keamanan ini, pada 7 Mei Hindenburg melakukan perjalanan naas terakhirnya.
Saat kapal mendekati tiang dermaga di landasan udara New Jersey, angin yang berubah cepat menyebabkan kapal melakukan manuver menit-menit terakhir.
Baik dari tekanan manuver atau keausan, para saksi mencatat bahwa mereka melihat lembaran luar kapal mengepak seolah-olah gas keluar tepat di depan sirip vertikal.
Dengan tidak ada waktu untuk mengatasi kerusakan api muncul (sumber api menjadi spekulasi hingga hari ini) dan merobek bagian belakang kapal.
Pesawat itu tertekuk saat kompartemen gas menyala, dan jatuh dari langit dalam bentuk bola api.
Bencana Hindenburg bukanlah kecelakaan pesawat pertama atau bahkan yang paling mematikan dalam sejarah yang tercatat.
Bencana USS Akron menyebabkan hilangnya 73 dari 76 anggota awak dan penumpang saat disambar petir di atas New Jersey, sementara kecelakaan R101 menewaskan 36 orang dalam kecelakaan 7 tahun sebelum penerbangan terakhir Hindenburg yang terkenal itu.
Lalu mengapa, kemudian, Bencana Hindenburg menjadi berita utama di seluruh dunia?
Publisitas tentang kapal-kapal penyeberangan trans-Atlantik pertama tahun ini berarti bahwa wartawan dan kru berita berada di darat dengan penuh semangat menunggu kedatangan pesawat tersebut.
Sebuah siaran radio langsung merinci acara tersebut secara waktu nyata, sementara kru film menangkap bencana dari bingkai ke bingkai. Itu adalah bencana pertama yang tertangkap kamera sehingga memungkinkan rekaman bencana disiarkan ke seluruh dunia.
Total 35 awak dan penumpang dari total 97 penumpang tewas bersama dengan kematian anggota awak lainnya di tanah di bawah.
2. Penantang Pesawat Ulang-alik
Sama seperti pesawat yang dianggap sebagai penerbangan masa depan, hanya empat dekade kemudian kami telah mengalihkan pandangan kami ke luar angkasa.
Perlombaan antariksa antara Amerika dan Rusia tidak hanya meluncurkan manusia ke luar angkasa, tetapi juga mewujudkan harapan untuk perjalanan ruang angkasa komersial.
Pada pertengahan tahun 80-an, perjalanan ruang angkasa tidak menangkap imajinasi publik seperti dulu.
Sudah hampir 20 tahun sejak manusia menginjakkan kaki di bulan, dan dengan Amerika memenangkan perlombaan antariksa, persepsi publik tentang Program Pesawat Ulang-Alik NASA semakin condong ke arah ketidakpedulian.
Dalam upaya menghidupkan kembali daya tariknya dengan Program Pesawat Ulang-alik, proyek Pengajar di Luar Angkasa diumumkan.
Ribuan orang mengajukan lamaran mereka untuk menjadi warga sipil pertama di luar angkasa yang akan menyiarkan dua pelajaran sekolah kepada anak-anak dari orbit.
Ketika tiba waktunya untuk misi ke-25 ke ruang kelas luar angkasa di seluruh AS menonton untuk menyaksikan Christa McAuliffe - seorang guru dari Concord, New Hampshire, meluncur ke luar angkasa.
73 detik setelah peluncuran, Space Shuttle Challenger pecah secara langsung.
Stasiun yang menyiarkan peluncuran saat roket itu pecah, tetapi mereka yang menonton langsung dari lokasi peluncuran hanya dapat melihat dengan ngeri ketika pesawat ruang angkasa itu hancur di atas Atlantik.
Bukti selanjutnya akan menunjukkan bahwa 7 astronot di pesawat tidak tewas seketika dalam ledakan tersebut, tetapi saat kompartemen awak dilalap api saat kembali ke bumi.
Bencana itu kemudian dikaitkan dengan cincin-O yang rusak yang tidak dirancang untuk suhu dingin perjalanan luar angkasa.
NASA telah merencanakan untuk mengintegrasikan lebih banyak warga sipil ke dalam peluncuran Pesawat Luar Angkasa di masa depan, namun setelah bencana Challenger, setiap rencana untuk mengirim warga sipil ke luar angkasa dibatalkan.
Sayangnya, Space Shuttle Challenger bukanlah bencana Pesawat Ulang-alik terakhir yang tertangkap kamera.
Pada tahun 2003, Pesawat Ulang-Alik Columbia meledak saat masuk kembali ke atmosfer bumi setelah ubin isolasi rusak saat diluncurkan.
Seperti Challenger, semua astronot di dalamnya tewas.
Pada tahun 2004, semua 14 Astronot yang hilang dalam dua bencana tersebut secara anumerta dianugerahi Medali Kehormatan Luar Angkasa Kongres oleh Presiden George W. Bush.
3. Air France Penerbangan 4590
Karena ilmu penerbangan dan penerbangan lebih dipahami, keselamatan pesawat telah memastikan bahwa bencana pesawat semakin jarang terjadi.
Meskipun mungkin untuk mengalaminya, kecil kemungkinannya Anda dapat menangkapnya di kamera.
Pada sore hari tanggal 25 Juli 2000, Air France Penerbangan 4590 lepas landas dari bandara Charles de Gaulle di Paris menuju JFK International, New York.
Lima menit sebelum keberangkatan pesawat, pesawat lain menjatuhkan strip titanium alloy (kemudian diidentifikasi sebagai penutup penutup mesin) ke landasan selama lepas landas.
Saat ia mempercepat landasan untuk lepas landas, Air France Flight 4590 menabrak strip logam yang merobek ban.
Ban tersebut menumpahkan puing-puing yang dilemparkan ke bagian bawah pesawat dengan kecepatan 140 mph.
Dampak dari puing-puing tersebut tidak merusak bagian bawah pesawat tetapi mengirimkan gelombang kejut melalui tangki bahan bakar yang menyebabkan salah satunya (yang kemudian ditemukan terlalu penuh) pecah.
Tangki mulai menyemburkan bahan bakar yang dengan cepat tersulut.
Lalu lintas udara telah melihat api tepat sebelum pesawat meninggalkan landasan, namun, pesawat telah mencapai kecepatan yang berarti tidak lagi dapat membatalkan urutan lepas landas: meskipun mengetahui pesawat itu terbakar, tidak ada yang bisa dilakukan oleh pilot.
Saat pesawat meronta-ronta, sayap kiri mulai meleleh dan hancur di bawah panas yang menyengat dari api.
Tidak dapat terbang lagi, pilot mencoba meratakan pesawat dengan memperlambat, tetapi kehilangan kendali dan terhenti, menabrakkan pesawat ke hotel terdekat.
Seluruh kejadian tersebut telah direkam oleh seorang pengemudi yang lewat.
Sebelum kecelakaan itu, pesawat kelas Concorde telah dianggap sebagai model teraman dalam sejarah penerbangan dengan nol kematian selama 27 tahun sejarah operasinya.
Menjadi salah satu dari dua pesawat supersonik yang akan digunakan untuk tujuan komersial, Concorde (seperti Hindenburg) dianggap sebagai masa depan penerbangan komersial.
Catatan keamanannya yang luar biasa dan kemampuannya untuk mengurangi waktu perjalanan secara drastis telah menjadi nilai jual terbesar pesawat ini.
Menyusul penurunan perjalanan udara setelah 9/11, dan Airbus tidak lagi mendukung pemeliharaan pesawat, baru tiga tahun kemudian pesawat Concorde pensiun.
Secara total, hanya 20 pesawat Concorde yang pernah dibuat.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari