Find Us On Social Media :

Menyalip Timor Leste, Korea Utara Dikabarkan Alami Kelaparan dengan Lebih dari 45 Persen Warganya Tak Punya Cukup Makanan, Bagaimana Keadaan di Kedua Negara Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 9 Mei 2021 | 11:02 WIB

Korea Utara Kelaparan Melebihi Timor Leste

Intisari-Online.com - Menderita kelaparan dan kemiskinan yang meluas, hampir setengah dari warga Korea Utara kekurangan gizi.

Ini adalah tingkat tertinggi yang diukur dari semua negara Asia-Pasifik.

Sementara hampir sepertiga orang dewasa dianggap kelebihan berat badan, menurut laporan PBB yang baru.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB menyatakan bahwa lebih dari 45% warga Korea Utara tidak memiliki cukup makanan untuk mempertahankan tingkat energi dan kesehatan normal antara 2017 dan 2019, menurut data terbaru yang tersedia di bawah payung PBB.

Baca Juga: Sumber Daya Alam Kayu Cendananya Bikin Portugis Ngiler, Ada Pula Berbagai SDA Timor Leste Termasuk Minyak dan Gas, Nyatanya Banyak Rakyatnya yang Menganggur

Itu adalah lompatan yang signifikan dari negara dengan kekurangan gizi kedua, Timor Leste, yang punya tingkat kekurangan gizi sebesar 31%.

Sebagian besar negara tetangga Korea Utara, seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan, memiliki tingkat di bawah 2,5%.

Tapi Dilansir dari NK News, Jumat (22/1/2021), Phil Robertson, wakil direktur Asia untuk Human Rights Watch, sangat skeptis dengan hasil tersebut.

Secara umum, mereka yang mempelajari kebutuhan pangan Korea Utara kesulitan mengumpulkan data karena keterbatasan sampel dan akses ke negara tersebut.

Baca Juga: Posisi Australia di Timor Leste Terancam oleh Kehadiran China, Tiongkok Sigap Bantu Kesulitan Bumi Lorosae, Sementara Australia Terus Menunda