Find Us On Social Media :

Penguatan Alutista Terus Dilakukan, Lembaga Asal Swedia Bocorkan Belanja Militer Indonesia, Ketahuan Beli Senjata Ini dari Israel tahun 2019 padahal Tak Punya Hubungan Diplomatik

By Khaerunisa, Kamis, 6 Mei 2021 | 17:05 WIB

Ilustrasi kendaraan lapis baja infanteri Israel

Intisari-Online.com - Dari tahun ke tahun, kekuatan militer Indonesia menempati peringkat yang cukup bagus di dunia.

Saat ini, menurut Global Firepower 2021, Indonesia ada di peringkat ke-16 dari 140 negara di dunia.

Sementara di Asia Tenggara, militer Indonesia dianggap sebagai yang terkuat menduduki peringkat pertama, dibuntuti Vietnam dan Thailand.

Namun, menjadi militer paling kuat di Asia Tenggara tentu belumlah cukup untuk menangkal ancaman besar yang mungkin hadir.

Baca Juga: Satu di antara Konflik Dunia yang Diprediksi Picu Pecahnya Perang Dunia III, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran

Kemungkinan ancaman semacam itu membuat TNI tak bisa berdiam diri tanpa melakukan penguatan alutsistanya.

Seperti ancaman yang datang dari China, di mana Negeri Panda terus mengklaim wilayah Laut China Selatan, termasuk klaimnya terhadap perairan Natuna Utara.

Pada Desember 2019 lalu, bahkan China dengan berani mendatangkan Coast Guard dan Fregat kelas berat Jiangkai II class untuk sekedar mengukur kesiapsiagaan angkatan perang Indonesia.

Agresivitas China mampu dihadapi TNI, namun keberanian prajurit Indonesia juga masih harus dibarengi dengan peralatan tempur yang mumpuni.