Find Us On Social Media :

Inilah Bendera Palestina yang Mirip dengan Negara Lain Terinspirasi dari Pemberontakan Arab Lawan Pemerintahan Ottoman

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 4 Mei 2021 | 12:00 WIB

Bendera Palestina

Intisari-Online.com – Bendera Palestina adalah tiga warna dengan tiga garis horizontal yang sama (hitam, putih, dan hijau dari atas ke bawah) yang dilapisi oleh segitiga merah yang keluar dari kerekan.

Bendera ini berasal dari warna Pan-Arab dan digunakan untuk mewakili Negara Palestina dan rakyat Palestina.

Bendera tersebut pertama kali diadopsi pada 28 Mei 1964 oleh Organisasi Pembebasan Palestina.

Bendera Palestina hampir identik dengan Kerajaan Hasyem di Hijaz, yang merupakan bagian barat jazirah Arab, dan Partai Ba’ath Sosialis Arab (keduanya menggunakan rasio 2:3  sebagai lawan 1:2 Palestina), serta Federasi Arab Irak dan Yordania yang berumur pendek (memiliki segitiga sama sisi di kerekan).

Baca Juga: Meski Israel Jadi Negara Paling Sukses Musnahkan Covid-19 dari Negerinya, Kondisi Palestina Sungguh Miris Berbanding Terbalik dengan Israel Padahal Berbagi Wilayah yang Sama

Bendera ini juga sangat mirip dengan Bendera Yordania dan Bendera Sahara Barat, yang mengambil inspirasi dari Pemberontakan Arab melawan pemerintahan Ottoman (1916 – 1918).

Bendera Pemberontakan Arab memiliki bentuk grafik yang sama, tetapi warnanya diatur berbeda (putih di bagian bawah, bukan di tengah), melansir wikipedia.

Makna bendera Palestina

Memiliki tiga warna dengan tiga garis horizontal yang sama, yaitu hitam, putih, dan hijau, dengan dilapisi segiti merah, berikut ini makna dari warna tersebut, seperti melansir dari jewishvirtuallibrary.

Baca Juga: 'Palestina Membutuhkan Pemerintah yang Membebaskan, Bukan Memperbudak', Beginilah Realita Pemilu di Palestina yang Dijadikan Perang Internal Fatah dan Hamas, Pantas Israel Kian Mudah Serang Mereka