Find Us On Social Media :

Kini Dikenal Sederet Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ternyata Ini Awal Mula Digunakan Tentara Rahasia dalam Kemiliteran, Mengubah Sejarah!

By Khaerunisa, Minggu, 18 April 2021 | 14:15 WIB

Seorang pejuang SAS Inggris. (ilustrasi) Kini Dikenal Sederet Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ternyata Ini Awal Mulanya Digunakan Tentara Rahasia dalam Kemiliteran, Mengubah Sejarah!

Intisari-Online.com - SAS Inggris, Navy SEALS AS, GIGN, Prancis, MARCOS India, hingga Sayeret Matkal Israel, merupakan beberapa pasukan khusus terbaik di dunia yang kita kenal sekarang.

Pasukan-pasukan khusus tersebut dibentuk dan dilatih hingga punya kehebatan yang luar biasa.

Sepak terjang mereka dalam berbagai operasi militer telah banyak dikisahkan.

Pasukan khusus menjadi salah satu andalan utama kekuatan militer di berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Senjata Api Ini Jadi Andalan GIGN Prancis, Salah Satu Pasukan Khusus Terbaik di Dunia Ini Hampir Selalu Membawanya saat Terjun dalam Misi, Apa Hebatnya?

Dibentuknya sejumlah pasukan khusus untuk memenuhi kebutuhan pertahanan suatu negara merupakan hal yang biasa dilakukan.

Seperti Indonesia yang pada 16 April 1952 mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT), yang di kemudian hari menjadi Kopassus yang kita kenal sekarang.

Juga membentuk pasukan khusus lainnya, di antaranya Kopaska, Denjaka, Paskhas, Tontaipur, Yontaifib, hingga pasukan khusus gabungan ketiga matra TNI Koopssus.

Begitu juga di negara-negara lainnya, baik negara dengan kekuatan militer top dunia maupun negara dengan kekuatan militer paling lemah.