Find Us On Social Media :

Senjata Api Ini Jadi Andalan GIGN Prancis, Salah Satu Pasukan Khusus Terbaik di Dunia Ini Hampir Selalu Membawanya saat Terjun dalam Misi, Apa Hebatnya?

By Khaerunisa, Sabtu, 17 April 2021 | 20:35 WIB

Manurhin MR73, senjata api andalan pasukan khusus terbaik di dunia, GIGN Prancis.

Intisari-Online.com - Pasukan khusus terbaik di dunia yang satu ini punya senjata andalan yang hampir selalu dibawa saat menjalankan misi.

Ia adalah National Gendarmerie Intervention Group (GIGN) Prancis.

GIGN Prancis sendiri merupakan pasukan khusus yang diciptakan setelah kegagalan mematikan dalam upaya penyelamatan 11 sandera orang Israel di Olimpiade Munich, Jerman, tahun 1972.

Bersama dengan GSG-9 Jerman, GIGN diciptakan untuk menangani terorisme semacam itu dan memiliki spesialisasi dalam insiden di pesawat dan kapal.

Pasukan khusus Prancis ini bertanggung jawab atas penyerbuan penerbangan Air France yang dibajak oleh empat teroris Aljazair pada tahun 1994.

Baca Juga: Pasukan Khusus Indonesia Memburunya Mati-matian, Ini Cerita Penangkapan Xanana Gusmao yang Hampir Gagal

Teroris tersebut membunuh tiga penumpang sebelum pesawat itu diterbangkan ke Marseilles, di mana GIGN menyerbu dan membunuh empat pembajak dari Kelompok Islam Bersenjata Aljazair.

Pemimpin plot kemudian mengatakan bahwa rencananya adalah meledakkan pesawat di atas Menara Eiffel.

Sejak mulai beroperasi, GIGN Prancis telah membebaskan setidaknya 600 sandera, menurut situs webnya.

Mengutip military.wikia.org, GIGN dibagi menjadi sel komando, kelompok administratif, empat pasukan operasional yang terdiri dari dua puluh operator, pasukan pendukung operasional termasuk negosiasi, pelanggaran, intelijen, komunikasi, keahlian menembak, anjing dan sel peralatan khusus.