Find Us On Social Media :

Punya Militer Paling Miskin di Dunia, Zambia Nyatanya Punya Kekayaan Tambang Melimpah, Tapi Bak Jadi Bumerang Bagi Perekonomiannya karena Hal Ini

By Khaerunisa, Jumat, 16 April 2021 | 21:30 WIB

Bendera Zambia. (Ilustrasi) Punya Militer Paling Miskin di Dunia, Zambia Nyatanya Punya Kekayaan Tambang Melimpah, Tapi Bak Jadi Bumerang Bagi Perekonomiannya karena Hal Ini

Intisari-Online.com - Zambia adalah salah satu pemilik militer paling miskin di dunia.

Negara tersebut hanya megalokasikan sebesar 43 juta dolar AS untuk anggaran pertahanannya, menurut Global Firepower 2021.

Dengan nominal anggaran pertahanan itu, Zambia berada di peringkat ke-9 militer paling miskin di dunia.

Dalam sepuluh militer paling miskin di dunia, anggaran pertahanan Zambia hanya sedikit lebih banyak dari Mauritania yang tercatat memiliki anggaran pertahanan sebesar 40 juta dolar AS.

Baca Juga: Termasuk Militer Paling Lemah di Dunia, Negara Ini Punya Catatan Buruk Jadikan Anak-anak sebagai Tentara, Dipaksa Menembak hingga Terbiasa Membunuh di Usia Muda

Untuk diketahui, menurut statistik Global Firepower 2021, Liberia merupakan militer paling miskin di dunia, dengan anggaran pertahanan paling sedikit di antara 140 negara dalam peringkat Global Firepower.

Lagi-lagi Liberia jadi militer paling miskin di dunia, tahun ini negara tersebut diperkirakan mengalokasikan 14,5 Juta dolar AS, dari yang sebelumnya 13 juta dolar AS.

Sebagai salah satu militer paling miskin di dunia, sebenarnya Zambia sendiri merupakan negara dengan kekayaan alam melimpah.

Bahkan, ia adalah salah satu produsen tembaga terbesar di Afrika. Namun justru kekayaan alam melimpah tersebut berubah menjadi 'bumerang' baginya, bagaimana bisa?