Find Us On Social Media :

Pecahkan Rekor, Latihan Militer China Libatkan Pesawat Tempur Terbesar hingga Bikin Kapal Induk Theodore Roosevelt AS Melipir Tinggalkan Laut China Selatan, Pengamat: 'Rencana Pertempuran atas Taiwan'

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 14 April 2021 | 13:48 WIB

Latihan militer China bisa menjadi rencana pertempuran

Intisari-Online.com - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melakukan latihan di dekat pulau Taiwan pada hari Senin (12 April).

Latihan itu melibatkan sejumlah pesawat tempur terbesar yang pernah tercatat.

Ini juga bisa menjadi latihan reunifikasi-dengan-kekuatan operasi.

Para ahli daratan China mengatakan pada hari Selasa bahwa langkah China ini, sekali lagi mengirimkan peringatan yang jelas kepada separatis Taiwan dan AS yang telah membuat langkah provokatif untuk meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Inilah Kisah Orang-Orang Timor Leste yang Pro-Indonesia, Sadar Indonesia Sudah Pasrah Jika Timor Leste Merdeka, Mereka Malah Nekat Ke Jakarta demi Mendapatkan Hal Ini

Sebuah kapal induk AS keluar dari Laut China Selatan melalui perairan selatan pulau Taiwan juga pada hari Senin, sebuah wilayah yang dekat dengan latihan pesawat perang PLA.

Analis mengatakan PLA menunjukkan kemampuan mengusir pasukan asing yang ikut campur dalam masalah Taiwan.

Dua puluh lima pesawat PLA, yaitu dua pesawat perang anti-kapal selam Y-8, satu pesawat peringatan dini KJ-500, empat jet tempur J-10 dan 14 J-16, dan empat pembom H-6K, memasuki barat daya Taiwan.

Jumlah pesawat tempur PLA yang ditampilkan dalam latihan tersebut merupakan rekor sejak otoritas pertahanan Taiwan mulai merilis informasi tentang aktivitas pesawat PLA di wilayah tersebut pada 17 September 2020, melampaui rekor sebelumnya yaitu 20 pada 26 Maret.

Baca Juga: Miris Sekali, Demi Perangi Geng Narkoba yang Merajalela, Anak 5 Tahun Sampai Dilatih Menggunakan Senapan Untuk Melawan Geng Narkoba, Rupaya Pemerintah Sudah Pasrah