Find Us On Social Media :

Siapa Sangka Demi Kalahkan Vietnam Rupanya Amerika Sampai Hati Kirimkan CIA untuk Lakukan Operasi Rahasia di Indonesia, Demi Mencuri Benda Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 13 April 2021 | 16:43 WIB

Nikita Khrushchev dan Soekarno

Intisari-Online.com - Seorang mantan pejuang Belanda pada Perang Dunia II memainkan peran kunci dalam pencurian rahasia.

Targetnya yakni rudal permukaan-ke-udara SA-2 milik militer Indonesia.

Pencurian didalangi oleh AS melalui CIA agar Amerika bisa mengembangkan tindakan balasan yang mematikan di tahap awal Perang Vietnam.

Ini merupakan kisah agen rahasia CIA yang berbasis di Surabaya menjelang pembersihan berdarah oleh tentara Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965 -1966 yang merenggut lebih dari 500.000 nyawa.

Baca Juga: Irian Barat Direbut, Gelora Bung Karno pun Kokoh Berdiri, Siapa Sangka Pria Rusia Inilah yang Jadi Dalang Semuanya, Poles Wajah Indonesia Jadi Negara Paling Disegani Seantero Asia Tenggara

Yang pertama yakni Wim Vermeulen, suami dari seorang pedagang seni Belanda yang cerdik, menerima pujian dari CIA pada tahun 1970.

Dia berhasil melakukan operasi pencurian dan memperoleh empat manual dan pod panduan aktual dari Soviet SA-2, rudal permukaan-ke-udara pertama.

Ini merupakan sistem yang digunakan Vietnam Utara untuk menembak jatuh pesawat tempur Amerika.

SA-2 terbukti kuat bahkan oleh China berhasil digunakan menembak jatuh seorang pembom Canberra Taiwan yang terbang di ketinggian 65.000 kaki dalam sebuah insiden diam-diam tahun 1959.

Baca Juga: ‘Saya Dapat Memilih Sebanyak yang Saya Inginkan’ Pilih Dinikahi Presiden Soekarno, Dewi Soekarno Mengaku Pernah Dilamar 3 Miliarder dari AS dan Filipina Sebelumnya