Find Us On Social Media :

8 Tips Anti Bau Mulut Saat Puasa Menurut Dokter Gigi, Bersihkan Lidah hingga Sering Berkumur

By Tatik Ariyani, Selasa, 13 April 2021 | 02:30 WIB

Mengatasi bau mulut saat puasa

Intisari-Online.com - Saat menjalankan ibadah puasa, seringkali baru mulut tak dapat dicegah meski kita sudah menggosok gigi.

Mengenai hal tersebut, Dokter Gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati, M.D.Sc., menjelaskan bahwa bau mulut yang timbul saat orang berpuasa merupakan proses yang normal atau fisiologis.

Hal itu terjadi karena saat perut kosong, asam lambung meningkat, dan menguap keluar melalui rongga mulut, sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

 

drg. Sartari menyampaikan, pada umumnya bau mulut dapat disebabkan oleh faktor fisiologis dan patologis. Kedua faktor tersebut dapat menimbulkan bau mulut yang asalnya dari mulut atau dari organ dalam.

Baca Juga: Tanpa Sikat Gigi Apalagi Pasta Gigi, Warga Kota yang Bergelimang Dosa dan Kutukan Ini Punya Gigi Sempurna, Ternyata Hanya karena Tak Makan Ini

Ketika orang berpuasa, terutama pada siang hari saat perut kosong, sekresi saliva yang berkurang dan kadar asam lambung meningkat menyebabkan uap asam lambung mengalir ke arah rongga mulut hingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Dengan demikian, drg. Sartari menyebutkan, bau mulut orang yang berpuasa akan menghilang saat orang tersebut mengonsumsi makanan dan minuman pada waktu berbuka puasa.

 

Berikit ini beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa Ramadhan:

1. Teratur dalam menyikat gigi

Baca Juga: Operasi Plastiknya Murah dan Bisa Bikin Tampan Bak Oppa-oppa Korea, Ada Praktik 'Dokter Hantu' di Balik Industri Operasi Plastik Negeri Ginseng, Bisa Sampai Tumbalkan Nyawa