Find Us On Social Media :

Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Indonesia Memilih Lepaskan Timor Leste Ketimbang Mempertahankannya, Ternyata Indonesia Mendapatkan Keuntungan Ini Setelah Lepasnya Timor Leste

By Afif Khoirul M, Senin, 12 April 2021 | 14:54 WIB

Ilustrasi Timor Leste

Intisari-Online.com - Dulu Timor Leste adalah bagian dari provinsi Indonesia yang ke-27.

Namun, mereka memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia, setelah melalui perjuangan yang panjang.

Tepatnya, 30 Agustus 1999, hampir 80 persen rakyat Timor Timur memilih berpisah dari Indonesia, setelah melalui referendum.

Referendum yang didukung PBB itu mengakhiri konflik berdarah sekaligus mengakhiri kependudukan mereka sebagai Warga Negara Indonesia.

Memberikan jalan bagi rakyat Timor Leste untuk meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Tak Sampai Setengah Hari Usai Gelontorkan Rp77 Miliar untuk Bantu Timor Leste yang Luluh Lantak Akibat Siklon Tropis Seroja, Setengah Wilayah Negara Bagian dari Negara Ini Malah Diratakan oleh Badai yang Sama

Dilansir dari AFP via Kompas.com, pendudukan Timor Leste memantik aksi penindakan memilukan selama 24 tahun yang menelan nyawa 250.000 baik karena perang, kelaparan, hingga penyakit.

Namun kegembiraan berubah menjadi duka setelah militer Indonesia dan milisinya menyerbu dengan menghancurkan infrastruktur mereka, serta memaksa ratusan ribu orang mengungsi, dan membunuh 1.400 orang.

Timor Leste, negara yang sebagian besar dari 1,3 juta penduduknya memeluk agama Katolik, baru diakui secara internasional tiga tahun setelah pemungutan suara.

Tidak seperti Indonesia yang dijajah Belanda, negara yang menjajah TimTim adalah Portugal.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Pernah Dijajah Portugis Ratusan Tahun, saat Ada Kesempatan Merdeka Justru Rakyatnya Terpecah Belah, Termasuk Ingin Bergabung dengan Indonesia